10 Negara Paling Dermawan di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

10 Negara Paling Dermawan di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

--

Silampari TVBeramal adalah salah satu perbuatan baik yang memiliki banyak manfaat. Hal ini bisa menjadi tanda syukur dan pengingat bagi kita bahwa harta hanyalah titipan dari tuhan. Sayangnya, terkadang kita merasa khawatir harta akan habis jika beramal.

Padahal bersyukur dengan cara beramal merupakan perbuatan yang terpuji. Dengan beramal kita akan terbiasa memeiliki sifat dermawan, dan berikut adalah survei Negara paling dermawan

Survei amal terbesar di dunia, World Giving Index oleh Charities Aid Foundation (CAF) kembali merilis daftar 10 negara paling dermawan di dunia. Dalam edisi kali ini, Indonesia kembali mengokohkan diri di daftar 10 besar tersebut.

Menurut laporan World Giving Index 2023, sebanyak 4,2 miliar orang atau sekitar 72 persen populasi orang dewasa di dunia memberikan uang, waktu, atau membantu orang yang tidak dikenal dengan tujuan yang baik.

BACA JUGA:Air Terjun Temam,Wisata Alam Kota Lubuklinggau Sangat Memukau Wisatawan

Dari 142 negara yang disurvei oleh CAF, Indonesia, Ukraina, Kenya, Liberia, dan Amerika Serikat (AS) resmi ditetapkan sebagai negara yang masuk ke dalam daftar 5 besar sebagai paling dermawan di dunia.

Adapun, penetapan tersebut berdasarkan hasil survei terhadap masyarakat dari masing-masing negara yang ditanyakan tiga hal, yakni "Apakah mereka membantu orang asing, memberi uang, atau menjadi sukarelawan untuk tujuan baik selama sebulan terakhir?"

Ini adalah kali keenam Indonesia berhasil menjadi negara paling dermawan di dunia menurut CAF. Secara rinci, Indonesia memperoleh total skor 68 dengan 82 persen orang dewasa adalah donatur, 61 persen orang dewasa mau menolong orang asing, dan 61 persen orang dewasa mau meluangkan waktu untuk kegiatan sukarelawan.

"Indonesia menduduki peringkat #1 pada indeks tersebut (negara paling dermawan di dunia) selama enam tahun berturut-turut, meskipun tidak lagi memegang posisi teratas untuk salah satu dari tiga perilaku memberi individu," tulis laporan World Giving Index 2023, dikutip Jumat 8 Desember 2023.

BACA JUGA:Google Rilis Gemini AI, Model Kecerdasan Buatan yang Jadi Pesaing ChatGPT.

Berdasarkan pernyataan tersebut, Indonesia memang tidak menduduki peringkat satu di setiap indikator yang dihitung. Adapun, Indonesia tidak masuk ke dalam 10 besar dengan warga negara yang paling mau menolong orang asing.

Selain itu, Indonesia 'hanya' menduduki posisi kedua dan kalah dari Myanmar sebagai negara dengan masyarakat yang mau mendonasikan uangnya kepada orang asing. Terakhir, Indonesia juga 'hanya' menduduki peringkat kedua alias di bawah Liberia sebagai negara dengan warga yang mau meluangkan waktu untuk kegiatan sukarelawan.

Namun, Direktur Eksekutif Filantropi Indonesia, Gusman Yahya, mengatakan bahwa salah satu faktor yang sukses membuat Indonesia sebagai negara paling dermawan di dunia adalah budaya Gotong Royong. Menurutnya, kontribusi Filantropi Indonesia turut besar dalam capaian ini.

"Kontribusi filantropi sangat penting untuk menutup kesenjangan pendanaan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan untuk mengurangi dampak perubahan iklim di Indonesia," ujar Gusman dalam laporan World Giving Index 2023.

Sumber: