Lomba Karate Internasional di Portugal, Indonesia Berhasil Jadi Juara Umum

Lomba Karate Internasional di Portugal, Indonesia Berhasil Jadi Juara Umum

--

SILAMPARITV.CO.ID - Tim karate pelajar dari Indonesia membanggakann Indonesia di ajang internasional di Portugal. Mereka peserta yang terdiri dari 17 siswa SD, SMP, dan SMA ini berhasil memperoleh juara umum di Maia International Karate Open (MIKO).

MIKO telah dilaksanakan pada 2-3 Desember 2023 di Portugal. Ketujuh belas siswa berhasil membawa pulang 10 medali emas, 2 medali perak, dan 4 medali perunggu.

Siswa-siswa tersebut sebelumnya adalah pemenang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) cabang olahraga karate pada tahun 2023 yang sudah ikut pembinaan dua kali. Mereka semua mengikuti pembinaan yang difasilitasi oleh Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek yang bekerja sama dengan Pengurus Besar Forum karate-do Indonesia (PB FORKI).

Tim pembina yang ditugaskan PB FORKI adalah merupakan formulasi yang tepat untuk membentuk anak-anak menjadi juara," kata Pembina dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB FORKI dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat 8 Desember 2023.

BACA JUGA:Pesan Terakhir Bocah SD Korban Bully di Bekasi, Fatir: Aku Tunggu di Surga Ya, Ma

Salah satu peserta peraih medali emas asal Indonesia, Satoshi Ken Sakhi, mengatakan bahwa kejuaraan ini adalah pengalaman yang berharga untuk dirinya. Pengalaman ini juga yang menjadi tolak ukur kemampuannya bertanding dalam bidang karate.

Pada kejuaraan tersebut, Satoshi berhasil mendapatkan medali emas di kelas Kata Male 10-11 tahun dan Kumite Male -35 kg usia 10-11 tahun.

"Setelah berhasil mendapatkan medali emas, saya ingin kembali berlatih untuk meningkatkan keterampilan lalu menaikan level sabuk karate. Semoga, di masa akan datang saya bisa kembali menembus tim nasional Karate Indonesia untuk kejuaran internasional lainnya," harap siswa kelas 4 MI Ma'arif Mangunsari, Salatiga, Jawa Tengah itu.

Lalu, siapa saja siswa yang memperoleh medali dalam kejuaraan karate ini?

BACA JUGA:Siap Menyambut Liburan Akhir Tahun? Ini Wisata Pantai Bonus Air Terjun, Kepoin Tempatnya!

Peraih Medali Kejuaraan Karate di Portugal

Emas

  • Keanu Atarayhan Pratama (Kelas Kata Putra U-12) siswa SD Bianglala Kota Bandung
  • Aldhea Azarina Barata (Kelas Kata U-12 Putri) dan (Kelas Kumite Putri U-12 -50 kg) siswa SD Negeri 1 Mojopanggung Kabupaten Banyuwangi
  • Satoshi Ken Saki (Kelas Kata Putra U-12) dan (Kelas Kumite Putra U-12 -35kg) siswa MI Ma`Arif Mangunsari Kota Salatiga
  • Muhammad Wan Aqso (Kels Kata Putra Kadet) siswa SMP Negeri 6 Mataram
  • Naswa Aulia Ramadani (Kelas Kumite Putri Kadet -53 kg) siswi SMP Swasta IT Bina Insan Kabupaten Deli Serdang
  • Arya Dwi Purnma (Kelas Kata Putra Junior) siswa SMA Negeri 54 Jakarta
  • Nabila Nur Apriliani (Kelas Kata Putri Junior) siswi SMA Negeri 12 Bandung
  • Salma Aulia (Kelas Kumite Putri Junior) siswii SMA Negeri 13 Jakarta

BACA JUGA:Unik, Ada Wisata Bukit Raksasa di Bengkulu Tengah, di Puncaknya Ada Kolam Mata Air

Perak

  • Ketut Melki Candra Saptra (Kelas Kata Putra Kadet) siswi SMP Negeri 6 Denpasar
  • Salma Aulia (Kelas Kata Putri Junior) siswii SMA Negeri 13 Jakarta

Sumber: