Unik! Berikut Kumpulan Berbagai Tradisi Perayaan Natal di Indonesia

Unik! Berikut Kumpulan Berbagai Tradisi Perayaan Natal di Indonesia

Foto Tradisi Natal --

Dalam persiapan upacara Barapen, para pria akan membuat lubang untuk meletakkan batu panas. Dalam lubang tersebut, akan dimasukkan daun pisang untuk memasak daging babi, kemudian ditutup dengan daun tebal dan batu hingga 3 tingkat.

BACA JUGA:Serasa di Korea, Ini Wisata di Bandung Bernuansa Little Seoul

Di sisi lain, para wanita akan menyiapkan sayuran, seperti kangkung, pakis, singkong, bayam, pepaya, dan ubi jalar, nantinya bahan makanan itu akan disantap ramai-ramai oleh masyarakat yang mengikuti tradisi tersebut.

3. Marbinda di Sumatera Utara

Marbinda merupakan tradisi Natal yang mengajak masyarakat setempat untuk bersama-sama mengumpulkan uang membeli hewan kurban. Tradisi Marbinda ini dilakukan sebagai lambang kebersamaan dan Gotong Royong.

Jenis hewan kurban yang dipersembahkan cukup beragam, mulai dari babi, lembu, hingga kerbau. Daging hewan tersebut akan dibagikan kepada seluruh warga yang telah berdonasi.

4. Rabo-Rabo di Jakarta

Rabo-Rabo adalah tradisi orang-orang keturunan Portugal yang tinggal di Kampung Tugu. Tradisi ini diawali dengan mengunjungi gereja terdekat dan rumah warga lain sebagai bentuk kebersamaan.

BACA JUGA:Berikut Daftar Motor Jadul yang Dicari Para Kolektor

Menariknya, tradisi Rabo-Rabo diiringi oleh musik tradisional Keroncong tugu dan tarian yang dilakukan bersama-sama. Setelahnya, warga akan dibubuhi dengan bedak warna-warni sebagai bentuk penebusan dosa dan permintaan maaf menjelang tahun baru.

5. Bulan Desember yang Indah Jadi Tradisi Natal di Toraja

Festival Budaya dan Pariwisata Lovely December merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah Toraja. Tradisi ini merupakan bentuk syukur menyambut Natal dan Tahun Baru bagi masyarakat Toraja, yang mayoritas umat kristen.

6. Van Vare di Larantuka

Tradisi Natal di Indonesia lainnya yang tidak kalah seru adalah Van Vare di Larantuka, setiap memperingati kelahiran Yesus Kristus, warga Flores Timur akan menyanyikan lagu Natal dengan pertunjukan musik orkes dan paduan suara.

Lagu-lagu yang dimainkan memiliki tujuan mulia, yaitu mengingatkan untuk selalu hidup dalam jalan yang benar. Selain itu, ada pula Sinterklas yang membagikan hadiah untuk anak-anak di daerah tersebut.

Sumber: