Modus Baru WhatsApp (VCS)! Hati-hati Kalau Ada Video Call dari Nomor Tak Dikenal

Modus Baru WhatsApp (VCS)! Hati-hati Kalau Ada Video Call dari Nomor Tak Dikenal

--

SILAMPARITV.CO.IDBelum lama belakang ini, tersebar informasi bahwa soal dugaan modus penipuan yang baru. Yakni melakukan panggilan video call sex (VCS) dari nomor yang tidak dikenal.

Modus tersebut diungkap seorang pengguna Instagram. Dia juga menceritakan pengalamannya setelah mendapatkan video call tersebut.

Telepon yang tidak dikenal itu masuk melalui akun WhatsAppnya. Pengguna sempat beberapa kali mengabaikan telepon tersebut hingga tiga kali, namun pada akhirnya diangkat karena rasa penasaran.

"Nah setelah telepon yang keempat kalinya karena aku penasaran ini tuh siapa akhirnya aku angkat tapi kameranya itu aku hadepin ke tembok. Dan aku kaget sekaget-kagetnya waktu aku angkat ternyata itu tuh perempuan tidak pakai baju sama sekali dan dia tuh kayak VCS gitu," ujarnya.

BACA JUGA:Tak Perlu Jauh, Ini Opsi Tempat Wisata di Sumatera Selatan untuk Liburan Akhir Tahun

Lalu, dia menanyakan maksud panggilan tersebut. Akhirnya sang penelepon mematikan panggilan telepon.

Pengguna itu akhirnya mengirimkan pesan WhatsApp ke nomor tersebut. Namun pesan yang dikirimnya itu hanya centang satu dan ternyata diketahui telah diblokir.

"Entah maksudnya apa orang ini tuh berbuat seperti itu, cuma menurut aku sih ini tuh kayaknya modus penipuan baru. Jadi mungkin ya nanti kan ada muka kita tuh di layar WhatsApp-nya dia, dia bisa aja screen shot terus dia ancam bakal disebarin seolah-olah kita tuh VCS," lanjut dia.

Pakar keamanan siber Alfons Tanujaya menyebutkan VCS dari nomor tidak dikenal itu adalah modus pengancaman. Pelaku akan memanfaatkan ketidaktahuan para korbannya mengenai teknologi.

BACA JUGA:Bikin Ngiler, Rekomendasi Ragam Makan Siang Nusantara Berkuah Menggugah Selera

Jika ada masyarakat yang mendapatkan sebuah ancaman, sebaiknya mereka menghubungi kerabat yang mengerti dan meminta bantu. Sementara soal apakah ini modus baru, dia belum bisa memastikan.

"Itu kebenarannya saja masih perlu dibuktikan. Jadi belum tentu semua itu benar cuma mungkin ramai karena viral," kata Alfons.

BACA JUGA:TikTok Shop Hadir Kembali! Setelah Tutup Dua Bulan Tiktok Shop Kini Kembali dengan Gandeng Tokopedia.

Sumber: