Gempa M 4,7 Guncang Sukabumi Pagi Ini, Getaran Terasa Hingga Depok dan Bogor

Gempa M 4,7 Guncang Sukabumi Pagi Ini, Getaran Terasa Hingga Depok dan Bogor

ilustrasi gempa bumi--pixabay

SILAMPARITV.CO.IDGempa magnitudo 4,7 mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat pagi Ini. Gempa dengan kekuatan magnitudo tersebut rupanyaa ikut dirasakan oleh warga Depok dan Bogor.

Berdasarkan keterangan BMKG, gempa terjadi pada Kamis, 14 Desember 2023 kisaran pukul 06.35 WIB, dengan titik koordinat 6,77LS, 106,54 BT.

"Dirasakan magnitudo 4,6, kedalaman 5 km, pusat gempa berada di darat 25 km Barat Laut (BL) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat," tulis BMKG di akun resmi X, Kamis 14 Desember 2023.

Gempa ini menghasilkan getaran yang ikut dirasakan oleh warga Depok dan Bogor yang berpusat di Sukabumi tersebut.

BACA JUGA:Rekomendasi Liburan Tahun Baru, Bukit Besak Lahat Menawarkan Keindahan Alam Memukau

BMKG memberikan catatan bahwa informasi awal terjadinya gempa mengutamakan kecepatan, sehingga hasil olah data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Jawa Barat, mengungkapkan belum ditemukannya dampak dari bencana gempa bumi ini.

BPBD mengatakan belum ada laporan yang diterima dari warga.

"Setelah satu jam kejadian, belum ada petugas maupun warga yang melapor terkait dampak dari gempa bumi ini. Mudah-mudahan aman," ungkap Kepala BPBD Kota Bogor, Hidayatullah dilansir dari Antara, pada Kamis 14 Desember 2023.

BACA JUGA:Daun Balakacida Memiliki Segudang Manfaat, Temukan Tanaman Ini di Sekitar Rumahmu

Meskipun demikian, Hidayatullah tetap menghimbau kepada warga sekitar, agar tetap memastikan kondisi bangunannya tidak rawan roboh, kemudian tidak berteduh di bawah pepohonan besar, serta tidak melakukan bepergian ketika tidak terlalu mendesak terlebih saat hujan turun.

BPBD di sekitar wilayah pun juga memastikan akan siap siaga membantu warga yang terdampak.

"Kami siaga, kami akan selalu memantau," tuturnya.

Hadi Saputra selaku Kepala Seksi Pusat Data dan Informasi Stasiun Klimatologi (BMKG) mengatakan bahwa pada Kami, 14 Desember 2023 kisaran pukul 06.35 WIB, wilayah Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya terjadi guncangan gempa bumi tektonik.

Sumber: