Kasus Covid-19 Melonjak Lagi di Indonesia, Ini Anjuran Terbaru dari Kemkes

Kasus Covid-19 Melonjak Lagi di Indonesia, Ini Anjuran Terbaru dari Kemkes

ilustrasi penularan covid-19--freepik

SILAMPARITV.CO.IDKementerian Kesehatan (Kemkes) mengeluarkan anjuran terbaru dengan melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia.

Seiring dengan mendekati hari libur Natal dan Tahun baru, Kementerian Kesehatan melakukan upaya untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19 terhadap masyarakat.

Melansir dari situs resmi Kemkes, masyarakat dihimbau untuk melengkapi dosis  vaksinasi Covid-19.

Anjuran baru ini tertuang dalam Surat Edaran Dirjen  Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor IM.02.04/C/4864/2023 pada tanggal 15 Desember 2023.

BACA JUGA:Nyeri Saat Haid? Lakukan Cara Ini Tanpa Obat

Berdasarkan data yng diperoleh hingga Jum'at, 15 Desember 2023, terdapat kasus Covid-19 yang terkonfirmasi sebanyak 336 dan ini termasuk meningkat dari hari-hari sebelumnya.

Sehingga, perlu dilakukan upaya untuk pencegahan penularan yang dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat di Indonesia.

"Kepada masyarakat dihimbau untuk disiplin protokol kesehatan lagi, dengan melengkapi dosis vaksin Covid-19, datangi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat di Puskesmas atau Kantor Kesehatan Pelabuhan, segera dan jangan ditunda," ujar Ditjen  Pencegahan dan Pengendalian (P2P) Dr. Maxi Rein Rondonowu.

"Pakai masker bila sakit, jaga jarak aman dan tetap rutin cuci tangan pakai sabun,",lanjutnya dilansir dari akun resmi X, @DitjenP2Pkemkes, pada Senin, 18 Desember 2023.

BACA JUGA:Stres! Berikut Tanda-tandanya yang Sering Dianggap Sepele

Masyarakat yang belum pernah melakukan atau mendapatkan vaksinasi Covid-19 diimbau untuk segera dapat vaksinasi Covid-19.

"Bagi masyarakat, terutama lansia dan dewasa yang memiliki komorbid serta penyandang imunokompromais, dapat diberikan 1 dosis vaksin Covid-19, yang sudah pernah mendapatkan vaksinasi Covid-19 minimal 6-12 bulan yang lalu, " terus Ditjen Maxi.

Status vaksinasi dapat dicatatkan dalam Pcare Vaksinasi pada masa transisi, kemudian dapat dicatatkan dalam Aplikasi Sehat Indonesiaku ASIK atau melalui SIM RS SIMPUS dan catatan lain yang terintegrasi dalam SATUSEHAT.

Dr. Maxi juga menyarankan kepada masyarakat, selain untuk segera melakukan vaksinasi, juga membiasakan kebiasaan mencuci tangan untuk memberikan perlindungan yang lebih optimal dari kasus penularan Covid-19.

Sumber: