Bukit Gatan Menjadi Salah Satu Tempat Favorit di Musi Rawas Untuk Merayakan Malam Pergantian Tahun Baru

Bukit Gatan Menjadi Salah Satu Tempat Favorit di Musi Rawas Untuk Merayakan Malam Pergantian Tahun Baru

Bukit Gatan Menjadi Salah Satu Tempat Favorit di Musi Rawas Untuk Merayakan Malam Pergantian Tahun Baru--

SILAMPARITV.CO.IDBukit Gatan yang berada di Desa Sukorejo, Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan yang diperkirakan akan diramaikan oleh para pendaki yang ingin merayakan malam pergantian tahun di puncak negeri diatas awan tersebut.

Pengelola Bukit Gatan, Dedi Irawan menyampaikan perkiraan tersebut berdasarkan dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Dimana banyak sekali pendaki yang sebagian besar anak muda atau organisasi pecinta alam, mereka akan merayakan tahun baru dengan berkemah di puncak

"Kalau tahun baru biasanya ramai. Namun untuk Gunung Dempo tidak ada event, ramai disini. Mereka banyak berkemah," ungkap Dedi dikonfirmasi Kamis, 14 Desember.

Sebagian besar menurut Edi, pendaki yang muncak di Bukit Gatan tidak hanya dari pengunjung lokal. Adapula sebagian yang datang dari Bengkulu dan Palembang.

BACA JUGA:Wisata Terbaru di Sumsel, Glamping Terapung Akan Dibuka 18 Desember 2023

"Mereka semua itu anak-anak pecinta alam, Biasanya ramai ketika tahun baru. Hari-hari libur serta akhir pekan juga ada," ujarnya. 

Tahun lalu, bahkan bisa mencapai puluhan tenda yang dipasang di puncak Bukit Gatan oleh pendaki yang berkemah. Bahkan pada awal-awal dulu ketika destinasi wisata alam Bukit Gatan ini dibuka, imbuh Edi bisa mencapai ratusan tenda yang didirikan.

Di puncak Bukit Gatan, pengunjung juga dapat menyaksikan keindahan alam yang menawan. Bahkan pada malam hari pengunjung dapat melihat keindahan kota dengan banyaknya lampu-lampu yang menyinari rumah penduduk. "Untuk naik keatas sekitar 1 jam, tidak begitu lama," ungkapnya.

Akses untuk ke lokasi Bukit Gatan di Desa Sukorejo, Kecamatan STL Ulu Terawas dapat lebih cepat ditempuh dengan lewat pusat kota di wilayah Kecamatan Tugumulyo. Karena hanya memakan waktu sekitar 20 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Objek Wisata di Curup-Bengkulu Untuk Liburan Akhir Tahun

Sesudah sampai, pengunjung harus berjalan melalui jalan berupa koral dari Desa Sukorejo ke kaki Bukit Gatan. Dan perjalanan hanya memakan waktu sekitar 10 menit. 

Mata pengunjung pada sore harinya bakal dimanjakan dengan panorama sunset yang indah. Dan pagi harinya, pengunjung dapat menyaksikan puncak Bukit Gatan yang diselimuti oleh kabut putih bak negeri diatas awan.

"Ketika sedang beruntung Anda bisa melihat negeri diatas awan. Sebab banyak pendaki baru bisa 3 sampai 4 kali baru dapat menyaksikan suasana puncak Bukit Gatan yang indah dengan dibalut kabut," bebernya.

Selain hal itu, puncak Bukit Gatan pernah dijadikan sebagai tempat uji coba untuk olahraga paralayang. Untuk bisa masuk kesini perorang harus membayar tiket masuk hanya sebesar Rp10 ribu. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dapat dititipkan dengan membayar uang Rp10 ribu.

Sumber: