Rasulullah SAW Memberi Peringatan Bagi Seseorang yang Sering Tertawa Terbahak-bahak, Berikut Penjelasannya!

Rasulullah SAW Memberi Peringatan Bagi Seseorang yang Sering Tertawa Terbahak-bahak, Berikut Penjelasannya!

Ilustrasi Tertawa Terbahak-bahak--

SILAMPARITV.CO.ID - Di dalam ajaran Islam, umatnya tidak dilarang untuk tertawa. Akan tetapi, dalam Islam dianjurkan untuk tidak tertawa terbahak-bahak dikarenakan bisa jadi, surga akan menjauhinya lantas api neraka akan mengintainya. 

Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah menegur sejumlah sahabat yang sedang tertawa. Padahal ketika itu sudah datang kabar kepada umat manusia mengenai hadirnya surga dan neraka.

Di dalam kitab Asbabun Nuzul, Imam As-Suyuthi menjelaskan, At-Thabrani meriwayatkan dari Abdullah bin Zubair, bahwasanya ia mengatakan, “Rasulullah SAW berpapasan dengan sejumlah sahabat yang sedang tertawa. Beliau berkata: ‘kenapa kalian tertawa sedangkan disebutkan bahwa surga dan neraka di antara kalian?"

Kemudian, Allah SWT menurunkan firman-Nya dalam Al-Quran Surat Al-Hijr ayat 49:

BACA JUGA:Nasihat Rasulullah SAW: Kaya dengan Cara Zalim Ibarat Makan tak Pernah Kenyang

“Nabbi ibadiy anniy anal-ghafuru ar-rahimu."

“Kabarkanlah kepada hamba-hambaKu bahwa sesungguhnya, Akulah (Allah SWT) Yang Maha pengampun lagi Maha penyayang." (Q.S. Al-Hijr: 49)

Ibnu Mardawaih juga meriwayatkan dari jalur periwayatan yang lain, yaitu dari seorang sahabat Rasulullah SAW yang mengatakan, “Rasulullah SAW memperhatikan kami dari pintu tempat masuknya Bani Syaibah. Beliau lalu berkata: "Aku tidak ingin melihat kalian tertawa." Lalu kemudian Rasulullah SAW kembali lagi dengan berjalan mundur.

“Beliau (Rasulullah SAW) berkata, sungguh aku tadi sudah keluar, hingga ketika aku berada di Hijr Ismail maka Jibril datang dan berkata: ‘Wahai Muhammad, sesungguhnya Allah berfirman kepadamu, “Kenapa engkau membuat hamba-hamba-Ku berputus asa?"

BACA JUGA:Amalkan Doa Ini Ketika Menghadapi Kejahatan dan Kezaliman Seseorang

"Kabarkanlah kepada hamba2Ku bahwa sesungguhnya Aku-lah (Allah SWT) Yang Maha pengampun lagi Maha penyayang. Dan sesungguhnya adzab-Ku (Allah SWT) adalah adzab yang sangat pedih."

Suatu waktu Rasulullah SAW melewati kerumunan orang-orang yang sedang bergurau atau bercanda sambil tertawa terbahak-bahak, lalu Rasulullah SAW mengingatkan mereka seraya mengatakan,  “Mengapa kalian tertawa terbahak-bahak, sedangkan api neraka mengintai di belakang kalian? Demi Allah aku tidak senang melihat kalian tertawa terbahak-bahak seperti itu."

Dikisahkan di hadits lainnya, bahwa Rasulullah SAW menghampiri kerumunan orang-orang yang tengah bercanda sambil tertawa terbahak-bahak seraya mengucapkan salam kepada mereka.

Kemudian setelah mereka menjawab salam, Rasulullah SAW mengingatkan: “Ingatlah, demi Zat yang jiwaku berada dalam genggaman-Nya, seandainya kalian mengetahui sebagaimana apa yang aku ketahui, maka kalian akan sedikit tertawa dan lebih banyak menangis.”

 BACA JUGA:Ingin Dimudahkan Segala Urusan Dalam Kehidupan? Berikut Doanya Segera Diamalkan!

Sumber: