Aturan Baru Moto GP Bikin Rider Gelagapan

Aturan Baru Moto GP Bikin Rider Gelagapan

--

SILAMPARITV.CO.IDKejuaraan Dunia MotoGP atau kerap disebut sebagai MotoGP saja atau nama resminya FIM MotoGP World Championship adalah kelas utama dari seri balapan Grand Prix Sepeda Motor. 

Dulunya kelas ini dikenal dengan nama kelas 500cc atau biasa disebut GP500 yang pertama kali digelar sejak musim 1949. Seiring dengan bertambah nya tahun bertambah juga peraturan yang ada di Race Moto GP, yaitu:

Pembalap MotoGP dibikin gelagapan dengan musim 2024. Karena aturan akan berganti dengan baru lagi di tahun depan. Aturan MotoGP yang dimaksud adalah mengenai batas minimal tekanan ban, 

yang masih menimbulkan pro dan kontra dalam beberapa bulan terakhir. Banyak pembalap yang mengeluhkan soal aturan tekanan ban MotoGP tersebut, yang malah membuat balapan di kelas premier menjadi kurang seru.

BACA JUGA:Ini Yang Akan Terjadi pada Kendaraan Anda, Jika Jarang Mengganti Oli Mesin

Apalagi ada kasus podium dibatalkan secara mendadak, setelah pembalap yang bersangkutan dianggap melakukan pelanggaran aturan tersebut.

 Hal itu membuat banyak pihak memberikan kritikan, yang akhirnya mendapat tanggapan dari Dorna dan FIM. Dorna pun membuka dialog resmi untuk revisi mengenai aturan tersebut, tidak terkecuali untuk pembatalan aturan sekalipun.

"Tahun depan masih belum dikonfirmasi untuk diskualifikasi atau sanksi segera," kata Chief Sporting Officer, Carlos Ezpeleta, dilansir dari Speedweek.

 "Itu adalah ide awalnya, kami harus melihat seluruh tes pramusim. Kami harus berbicara dengan Michelin, yang membawa material baru dan ban baru spesial yang tidak sensitif dengan slipstream dan aerodinamika," jelasnya.

BACA JUGA:4 Cara Mengkilapkan Body Motor Matic yang Kusam Permanen

Masalah utama dari aturan ini sebenarnya adalah keselamatan pembalap itu sendiri. Jadi aturan baru nanti entah menjadi lebih longgar atau tidak, tetap diharapkan lebih menjaga keselamatan pembalap di atas trek.

 "Perubahan tadi akan membawa dampak positif. Aturan tekanan ini sebenarnya adalah bagian dari balapan dan ada di banyak balapan," ucap Ezpeleta.

"Aturan disarankan pabrikan dan Michelin untuk keselamatan," tegas Ezpeleta.

Saat ini potensi yang paling mungkin adalah menurunkan batas minimal, jadi tidak dibatalkan secara total.

Sumber: