Lagi Rame Kasus Batu Ginjal Karena Boba, Simak dan Kenali 8 Gejala Ini!

Lagi Rame Kasus Batu Ginjal Karena Boba, Simak dan Kenali 8 Gejala Ini!

Lagi Rame Kasus Batu Ginjal Karena Boba, Simak dan Kenali 8 Gejala Ini--

SILAMPARITV.CO.IDWarganet kembali dihebohkan dengan kasus perempuan asal Taiwan yang berusia 20 tahun yang menjalani operasi pengangkatan lebih dari 300 batu ginjal akibat terlalu banyak mengonsumsi minuman boba.

Melansir dari The Strait Times, salah satu rumah sakit yang ada di Kota Tainan, Taiwan, melaporkan bahwa perempuan yang bernama Xiao-yu itu memiliki riwayat jarang minum air mineral dan sering mengonsumsi minuman boba.

Dilaporkan, Xiao-yu masuk ke rumah sakit dengan kondisi yang mengalami demam dan nyeri parah pada punggung bagian bawah. Sesudah dilakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG), dokter menemukan bahwa ginjal kanan Xiao-yu ini mengalami pembengkakan dan berisi cairan serta batu ginjal berukuran sekitar 5 milimeter (mm) hingga 2 sentimeter (cm).

Akibat kasus tersebut, tidak sedikit masyarakat pecinta minuman boba yang khawatir mengalami hal serupa. Bahkan, tidak sedikit yang menanyakan bagaimana gejala batu ginjal yang harus diketahui.

BACA JUGA:Ngeri! 300 Batu Ginjal Ditemukan di Tubuh Wanita Asal Taiwan, Gegara Tidak Suka Minum Air Putih

Berikut beberapa tanda batu ginjal yang jarang disadari yang sudah kami rangkum dari sumber terpercaya.

Nyeri atau Terbakar Saat Buang Air Kecil

Salah satu gejala khas batu ginjal yang pertama adalah rasa sakit atau nyeri saat buang air kecil. Pada kondisi tersebut, batu sudah mencapai persimpangan antara ureter hingga kandung kemih. Kondisi ini dikenal dengan istilah disuria.

Rasa sakitnya bisa terasa tajam dan mirip sensasi terbakar. Gejala ini mirip seperti gejala Infeksi Saluran Kemih.

Nyeri di Punggung

Nyeri batu ginjal atau kolik ginjal dapat memicu rasa sakit yang intens. Sejumlah orang menyamakan salah satu gejala terparah ini dengan rasa sakit ketika melahirkan atau ditusuk dengan pisau.

Rasa nyeri muncul ketika batu bergerak ke ureter yang sempit. Kondisi ini dapat menyebabkan penyumbatan hingga tekanan menumpuk di ginjal. Tekanan inilah yang menimbulkan rasa nyeri.

BACA JUGA:Mari Kenali! 5 Penyakit yang Sering Tiba di Saat Musim Penghujan

Umumnya, nyeri akibat batu ginjal ini muncul secara tiba-tiba, dan berlangsung selama beberapa menit, hilang, dan muncul kembali.

Sumber: