Lagi Rame Kasus Batu Ginjal Karena Boba, Simak dan Kenali 8 Gejala Ini!

Lagi Rame Kasus Batu Ginjal Karena Boba, Simak dan Kenali 8 Gejala Ini!

Lagi Rame Kasus Batu Ginjal Karena Boba, Simak dan Kenali 8 Gejala Ini--

Rasa nyeri ini biasanya muncul di sepanjang sisi punggung dan di bawah tulang rusuk. Rasa sakit bisa menyebar ke perut dan selangkangan saat batu bergerak ke bawah melalui saluran kemih.

Sering Buang Air Kecil

Merasa sering buang air kecil lebih dari biasanya adalah salah satu gejala batu ginjal yang sering tidak disadari dan harus diwaspadai. Sebab, kondisi tersebut dapat menjadi tanda batu ginjal telah berpindah ke bagian bawah saluran kemih.

Serupa dengan rasa nyeri atau terbakar saat buang air kecil, gejala ini seringkali dianggap sebagai gejala ISK.

BACA JUGA:Berikut Cara Hilangkan Penyakit Kulit Seperti Panu, Secara Alami

Urine Berdarah

Darah yang ada pada urine atau hematuria adalah salah satu gejala utama pada batu ginjal. Darah bisa berwarna merah, merah muda, atau cokelat.

Urine yang Keluar Sedikit

Dalam beberapa kasus, batu ginjal yang berukuran besar bisa tersangkut di ureter. Penyumbatan ini bisa memperlambat atau dapat menghentikan aliran urine. Akibatnya, seseorang bisa sering buang air kecil tapi dalam jumlah sedikit.

Namun, apabila aliran urine berhenti sepenuhnya, segeralah kunjungi fasilitas pelayanan kesehatan untuk memperoleh bantuan medis sesegera mungkin.

Urine Keruh dan Berbau

Urine yang sehat berwarna bening dan tidak berbau menyengat. Urine yang berwarna keruh dan disertai bau tidak sedap bisa menjadi tanda infeksi pada ginjal atau bagian lain dari saluran kemih.

BACA JUGA:Konsumsi Minuman Ini di Pagi Hari, Berpotensi Tubuh Terhindar dari Penyakit

Dilansir di studi yang dipublikasikan PubMed Central pada tahun 2021, ada sekitar 16 persen orang dengan batu ginjal akut mengalami ISK. Urine yang keruh dan berbau dapat berasal dari bakteri penyebab ISK.

Mual dan Muntah

Sumber: