Jelang Tahun Baru, Harga Gula Aren di Pasar Inpres Kota Lubuklinggau Meroket

Jelang Tahun Baru, Harga Gula Aren di Pasar Inpres Kota Lubuklinggau Meroket

Foto Pedagang Gula Aren di Pasar Inpres Kota Lubuklinggau--

SILAMPARITV.CO.IDJelang tahun baru 2024, Sejumlah harga bumbu dapur mengalami kenaikan yang sangat signitifkan. Salah satunya adalah gula aren.

Harga gula aren di pasar inpres kota Lubuklinggau, 20 Ribu rupiah perkilogram, dari Harga normal 16 ribu rupiah perkilogramnya.

Salah satu pedagang gula aren Rumbia menyampaikan, "Untuk saat ini menjelang tahun baru harga gula aren ada kenaikan, Perkilogramnya 20 ribu rupaih, untuk harga yang masih normal gula aren dijual 16 ribu rupiah hingga 17 ribu rupiah," 

"Tidak menutup kemungkinan harga gula aren ini akan ada kenaikan lagi, karena gula kristal saat ini ada keniakan juga," ungkapnya.

BACA JUGA:Serbu Ikan Laut dan Aneka Seafood Sebelum Harga Naik Jelang Tahun Baru 2024

"Untuk saat ini pembeli gula aren lumayan rame, dalam seharinya bisa laku 20 kilo gram hingga 30 kilo gram," tambahnya.

Dirinya pun menambahkan harapan kedepannya, semoga harga gula aren menjelang tahun baru ini tidak ada kenaikan, karena apabila ada kanaikan kami sebagai para pedagang sangat susah untuk mencari pelanggan.

Tak hanya untuk komposisi untuk makanan, gula aren juga memiliki kandungan vitamin B yang dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah supaya tetap stabil. 

Selain penyakit yang disebutkan di atas, gula aren juga dapat membersihkan ginjal atau mencegah penyakit ginjal. Hal tersebut dikarenakan gula aren memiliki kandungan glukosa hanh sangat tinggi.

BACA JUGA:8 Jenis Pupuk Organik dan Kimia Tanaman yang Harus Kamu Ketahui

Jika kita minum gula aren sangat banyak sekali manfaatnya, karena gula aren juga mengandung fruktosa dan sukrosa yang tinggi. Zat ini dapat meningkatkan kadar gula darah dan tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Mengonsumsi terlalu banyak gula dapat meningkatkan risiko Anda menderita diabetes, gangguan ginjal, bahkan penyakit jantung.

Apakah gula aren itu bikin darah naik? Berikut Faktanya, Gula aren memang memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada gula putih, yang berarti akan meningkatkan kadar gula darah secara lebih perlahan. Hal ini dapat mengurangi dampaknya terhadap peningkatan gula darah yang tiba-tiba.

Cara Mengkonsumsi gula aren

Karena gula aren memiliki rasa yang kuat, cara terbaik untuk mengonsumsinya adalah dalam teh dan kopi. Gula aren juga bekerja dengan sangat baik dalam resep kue untuk membuat warna menjadi coklat agar lebih menarik untuk disantap.

Sumber: