8 Jenis Pupuk Organik dan Kimia Tanaman yang Harus Kamu Ketahui

8 Jenis Pupuk Organik dan Kimia Tanaman yang Harus Kamu Ketahui

ilustrasi pupuk--freepik

SILAMPARITV.CO.IDBeberapa orang ingin sekali mempunyai tanaman yang subur dan tanaman yang sehat, terutama bagi ibu-ibu yang hobi menanam tanaman seperti kembang kembangan, buah buahan dan masih banyak lagi.

Baca sampai habis jika kamu ingin memunyai tanaman yang subur.

1. Pupuk Organi

Pupuk adalah jenis pupuk yang berasal dari bahan bahan alami yang mengandung bahan organik,seperti bahan tumbuhan, hewan,atau limbah organik lainnya, pupuk ini juga mengandung nutrisi esensial bagi tanaman, seperti nitrogen, fosfor, kalium, mikronutrien, dan bahan organik yang bermanfaat.

BACA JUGA:Serbu Ikan Laut dan Aneka Seafood Sebelum Harga Naik Jelang Tahun Baru 2024

Manfaat dari pupuk ini yaitu, meningkatkan kesuburan tanah, menyediakan nutrisi yang seimbang, meningkatkan kualitas hasil panen, mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia, meningkatkan kesehatan tanah ekosistem, mendukung pertanian berkelanjutan.

2. Pupuk Guano

Pupuk Guano dalah jenis pupuk organik yang  di peroleh dari kotoran kelalawar yang mengandung unsur hara makro sebesar 7,5%nitrogen (N), 8,1%fosfor (P) dan 2,7%kalium (K), di samping tu pupuk guano juga mengandung unsrut hara mikro seperti Mg, Mn, Fe, Zn, CI, dan CU

Pupuk guano di gunakan sebagai pupuk untuk memperbaiki kondisi tanah serta menyediakan unsur hara bagi tanaman,dan untuk menambah kandungan bahan organik tanah serta memperbaiki sifat fisik tanah dan jumlah hara yang di butuhkan oleh tanaman lebih banyak tersedia.

BACA JUGA:Suka Minum Air Kelapa? Berikut Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

2.Pupuk Kandang

Jenis pupuk ini sama seperti pupuk guano,pupuk ini berasal dari kotoran hewan,hewan yang kotorannya di gunakan sebagai pupuk ialah hewan ternakan atau hewan yang di pelihara masyarakat seperti kambing, sapi, domba,dan ayam. Selain padat pupuk kandang juga bisa berupa cairan yang berasal dari air kencing (urine) hewan.

Manfaat dari pupuk ini sama seperti pupuk guano  yang menyediakan unsur hara makro dan mikro dan mempunya daya ikat ion yang tinggi sehingga akan mengefektifkaan bahan bahan an organik di dalam tanah, termasuk pupuk an organik,pupuk kandang dapat meningkatkan pH, kadar C-organik serta meningkatkan ketersediaan nitrogen, fosfor, kalium, dan unsur mikro bagi tanaman.

3.Kompos

Sumber: