Suka Minum Air Kelapa? Berikut Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Suka Minum Air Kelapa? Berikut Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

ilustrasi minum air kelapa untuk kesehatan--pixabay

SILAMPARITV.CO.IDManfaat air kelapa tidak hanya untuk menghilangkan dahaga saja, namun juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Selain mengatasi gejala dehidrasi ringan, air kelapa juga memiliki beberapa manfaat, seperti menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah penyakit jantung. 

Air kelapa kerap menjadi minuman pilihan  untuk melepas dahaga di cuaca  panas. Kelapa hijau muda mengandung air kelapa dalam jumlah besar. Sedangkan kelapa coklat tua kandungan airnya lebih sedikit.

Baik air kelapa yang berasal dari kelapa muda maupun kelapa tua, tetap memiliki manfaat yang sama untuk kesehatan.

BACA JUGA:Penyebab Terjadinya Mata Minus Pada Remaja dan Dampaknya, Mari Simak!

Berbagai manfaat air kelapa bagi kesehatan:

1 cangkir atau sekitar 250 ml air kelapa murni mengandung sekitar 60 kalori dan berbagai nutrisi seperti karbohidrat, fosfor, kalsium, kalium dan magnesium. Faktanya, air kelapa juga dapat memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Berkat berbagai kandungannya tersebut, air kelapa memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Banyak sekali manfaat mengkonsumsi air kelapa, antara lain:

Hindari dehidrasi 

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mengurangi Stres

Mengonsumsi air kelapa, terutama dari buah kelapa muda yang memiliki kandungan air lebih banyak diketahui dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Tentu saja hal ini  dapat mencegah  kekurangan cairan dalam tubuh yang dapat memicu  dehidrasi. 

Selain mencegah dehidrasi, air kelapa juga dapat menggantikan cairan atau elektrolit yang hilang jika dehidrasi disebabkan oleh kondisi tertentu, seperti diare atau muntah berlebihan.

Mencukupi kebutuhan elektrolit 

Air kelapa mengandung beberapa elektrolit yang penting bagi tubuh, antara lain natrium, kalium, kalsium, dan magnesium.

Sumber: