Ingin Mengatasi Gundah Gulana? Berikut Dzikir yang Dianjurkan Rasulullah SAW, Dibaca Sebelum Tidur Ya!

Ingin Mengatasi Gundah Gulana? Berikut Dzikir yang Dianjurkan Rasulullah SAW, Dibaca Sebelum Tidur Ya!

Ilustrasi Berdzikir Kepada Allah SWT--

SILAMPARITV.CO.ID - Di dalam menjalani kehidupan tentunya setiap insan atau manusia memiliki musibah yang dialami masing-masing, berbagai macam cara seseorang dalam merespon atau menanggapi setiap masalah tersebut.

Ada yang bersikap tenang dengan menerima segala keadaan yang diberikan Allah SWT, akan tetapi bahkan ada juga yang sering gundah gulana dalam menghadapi masalah tersebut.

Padahal disetiap musibah mempunyai tujuannya. Sesungguhnya, Allah SWT akan menghilangkan bencana dengan ketulusan doa dan kebersihan harapan dari hambanya.

Dengan adanya musibah serta kesulitan hidup, maka akan menghilangkan kesombongan, dan akan terus-menerus mendorong seseorang untuk berdzikir, syukur, dan kewaspadaan berpikir.

BACA JUGA:Doa Serta Adab Ketika Berwisata

Oleh karena itu, seseorang yang ditimpa akan kesulitan hidup, hendaknya terus meminta perlindungan dan pertolongan kepada Allah SWT.

Dikutip dari karya Imam An Nawawi, Terjemah Kitab al-Adzkar, bahwasanya Rasulullah SAW juga memerintahkan kepada para sahabatnya untuk senantiasa berdzikir ketika berada dalam suasana hati yang gundah. 

Penjelasan di dalam kitab Ibnu Sunni, dari al-Walid bin al-Walid ra., dia berkata kepada Rasulullah SAW: "Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku merasa gundah." Maka Rasulullah SAW menjawab: "Jika kamu hendak tidur bacalah:

Latin: A’uudzu bikalimaatillaahit taammaati min ghodhobihi wa 'iqobihi wa syarri ibaadihi wa min hamazaatisy syayaathiini wa an yahdhurun.

BACA JUGA:Berikut Doa yang Sering Dilantunkan Rasulullah SAW Ketika Selesai Shalat Tahajud

Yang artinya: ”Aku berlindung dengan kalimat Allah SWT yang sempurna, dari kemarahan-Nya (Allah SWT), dari siksaan-Nya (Allah SWT), kejahatan hamba-hamba-Nya, dari godaan syaitan dan agar mereka tidak mendatangiku. Niscaya kemudharatan (keburukan) itu tidak akan mendatangimu.”  

Allah SWT akan mengistimewakan amalan dzikir dari setiap hamba-Nya. Sebagaimana yang telah di Firman oleh Allah SWT di dalam Al-Quran:

"Hai orang-orang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah SWT, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya (Allah SWT) di waktu pagi dan petang. Dialah (Allah SWT) yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia (Allah SWT) mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dia (Allah SWT) Mahapenyayang kepada orang-orang yang beriman. Salam penghormatan kepada mereka (orang-orang mukmin itu) pada hari mereka menemui-Nya ialah salam; dan Dia (Allah SWT) menyediakan pahala yang mulia bagi mereka." (QS Al Ahzab ayat 41-44) 

BACA JUGA:Ingin Dimudahkan Segala Urusan Dalam Kehidupan? Berikut Doanya Segera Diamalkan!

Sumber: