Tidak Suka Minum Air Putih? Ketahui 9 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Tidak Suka Minum Air Putih? Ketahui 9 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

ilustrasi manfaat minum air putih untuk kesehatan--freepik

SILAMPARITV.CO.IDManfaat kesehatan dari air minum sangat banyak. Minum air tidak hanya menghilangkan dahaga, tetapi juga memenuhi kebutuhan air tubuh, sehingga seluruh sel, jaringan, dan organ dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Untuk mendapatkan manfaat dari minum air putih, umumnya orang dewasa dianjurkan mengonsumsi delapan gelas atau dua liter air setiap hari. Saat ini ibu hamil dianjurkan minum air putih sebanyak 2,5 liter per hari, dan ibu menyusui dianjurkan minum air putih sebanyak 3 liter per hari. 

Disarankan juga untuk memperbanyak minum air putih setelah berolahraga, pada keadaan tertentu seperti cuaca panas, demam, diare, dan muntah-muntah.

Selain air putih, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan air tubuh dengan berbagai minuman seperti teh dan susu. Namun, air putih merupakan minuman terbaik karena lebih menyehatkan dan tidak mengandung kalori atau gula.

BACA JUGA:5 Alasan Remaja Terjerat Pergaulan Bebas, Orang Tua Harus Tahu!

Air dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat kesehatan dari air minum tercantum di bawah ini.

• Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat minum air putih juga membantu menjaga kesehatan kulit. Kekurangan cairan dapat menyebabkan kulit kering. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan meminum air putih untuk memenuhi kebutuhan air tubuh.

• Mencegah dehidrasi

BACA JUGA:Apakah Minum Banyak Air Dapat Menurunkan Berat Badan, Yuk Simak Disini

Untuk mencegah dehidrasi dan dehidrasi pada tubuh, penting untuk menjaga asupan cairan melalui air minum. Kondisi ini ditandai dengan sering haus, buang air kecil lebih sedikit dari biasanya, mulut kering, mudah lelah, pusing, dan urine berwarna gelap dengan bau menyengat.

• Menjaga Kesehatan Sendi dan Otot

Manfaat mengonsumsi air putih yang cukup secara rutin juga akan meningkatkan kekuatan dan kelenturan sendi dan otot Anda. Artinya otot tidak menjadi kaku dan tubuh tidak cepat lelah saat bergerak dan beraktivitas.

• Menurunkan Berat Badan

Sumber: