Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

ikan cupang merupakan jenis ikan petarung yang cukup sering dilombakan.--

3. Gatis Pada Tubuh

BACA JUGA:6 Cara Merawat Anakan Ikan Arwana Agar Cepat Besar dan Sehat, Tips Rahasia untuk Pembudidaya

Pada saat masa kawin/pemijahan tiba ikan cupang betina cenderung memiliki corak-corak pertikal pada tubuhnya.

Sementara itu, bagi ikan cupang jantan tidak memiliki corak yang seperti ikan betina, pada umumnya ikan betina yang sudah siap kawin memiliki usia sekitar 3-4 bulan.

4. Sirip

Sirip ikan cupang jantan jauh lebih panjang  jika dibandingkan dengan ikan cupang betina, bahkan perbandingan siripnya ini cukup jauh yaitu mencapai 3 hingga 4 kali panjang sirip dari ikan cupang betina.

BACA JUGA:Jangan Lakukan Ini! Tidur Setelah Makan Berdampak Bagi Kesehatan

Selain itu, serip pada bagian perut cupang jantan juga memiliki ukurnya panjang dan belih tebal jika di bandingkan bentina, maka tidka heran keindahan yang dimiliki oleh cupang jantan jauh lebih menarik dibandingkan cupang betina.

5. Perilaku

Ikan cupang jantan memang sangat terkenal dengan ikan petarung dan pastinya hal ini tidak perlu di ragukan lagi, ikan cupang jantan memiliki aukap yang agresip dan juga kejam jika bertemu dengan pejantan lainnya. 

Semenara, juga tidak di sarankan untuk meletakkan cupang betina dalam satu wadah kecuali untuk kawin.

6. Gelembung

BACA JUGA:Google Doodle Rayakan Malam Tahun Baru Pakai Lampu Disko

Ikan cupang jantan biasanya mampu membuat gelembung air dari mukutnya biasanya hal yang mereka lakukan ini biasanya sebelum melakukan sebelum perosos perkawinan.

Sementara, Pembuatan gelembung ini bukan tanpa maksud gelembung ini bertujuan untuk melindungi telur-telur yang akan dikeluarkan oleh cupang betina.

Sumber: