Berapa Suhu Air yang Disukai Ikan Cupang? Berikut Penjelasan dan Cara Perawatannya

Berapa Suhu Air yang Disukai Ikan Cupang? Berikut Penjelasan dan Cara Perawatannya

Ikan cupang--freepik

SILAMPARITV.CO.IDMemperhatikan suhu air untuk ikan hidup adalah salah satu poin utama agar ikan yang dibudidaya tetap hidup dengan sehat.

Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias air tawar yang saat ini menjadi daya tarik pecinta ikan hias. Meskipun Ikan cupang hidup di air tawar, namun ia memiliki toleransi suhu air yang ia sukai.

Ikan cupang termasuk ikan hias yang harus diperhatikan dalam penjagaan warna tubuhnya.

Jika air sebagai media peliharaannya tidak diperhatikan, keruh dan kotor, suhu air tidak sesuai, maka ikan akan mudah terserang bakteri atau penyakit, yang membuat kulit ikan menjadi berubah warna lebih pucat, terdapat goresan atau luka, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:Inilah 5 Tips untuk Menghasilkan Panen Buah Jambu Air yang Lebih Manis

Sehingga, penting untuk pembudidaya ataupun pecinta ikan hias wajib tau mengenai air yang digunakan sebagai media peliharaan.

Lantas berapa suhu air yang disukai oleh ikan hias satu ini?

Simak artikel untuk mengetahui lebih lanjut.

Melansir dari orami.co.id, Senin (22/1/2024), setiap ikan memiliki toleransi suhu air yang berbeda-beda. Ikan cupang termasuk ikan hias yang cukup sensitif terhadap suhu air.

BACA JUGA:Ini Cara Mudah Ternak Ikan Gabus di Kolam Terpal dan Pembesarannya, Pembudidaya Wajib Tau!

Jadi, pemanas akuarium sebagai tempat tinggalnya menjadi kebutuhan untuknya. Bukan pilihan, ikan cupang lebih menyukai suhu air berkisar 25-27 derajat celcius.Bahkan lebih tinggi daripada ikan tropis lainnya.

Harus diketahui, meskipun ikan cupang bisa hidup di air tawar, namun memperhatikan kondisi kualitas air sangat penting dilakukan.

Cara merawat ikan cupang agar tidak mudah terserang bakteri atau penyakit, kamu bisa lakukan cara tambahan yaitu dengan memberikan garam ikan hias ke dalam media air ikan cupang.

Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya ikan cupang tersebut dapat menyeimbangkan tekanan osmosis di dalam tubuhnya.

Sumber: