Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

ikan cupang merupakan jenis ikan petarung yang cukup sering dilombakan.--

SILAMPARITV.CO.ID - Budidaya Ikan Cupang pastinya sangat penting untuk mengenali perbedaan ikan cupang jantan dan betina, kerap belakangan ini banyak peminatnya dan cukup ramai dibincangkan, Bahkan karena hal tersebut ada beberapa jenis ikan cupang yang memiliki harga jual tinggi.

Maka dari itu bisa ternak sendiri atau budidaya ikan cupang menjadi hal yang menguntungkan, karena selain mudah dalam membudidayakannya ikan cupang juga termasuk ikan yang mudah dalam perawatan dan pakannya.

Selain memiliki keindahan bagian fisiknya ikan cupang juga merupakan jenis ikan petarung yang cukup sering dilombakan.

Smentara bagi para pemula yang baru mulai menyukai atau ingin membudidaya ikan cupang hal yang terping yaitu bagaimana membedakan ikan cupang jantan dan betina.

BACA JUGA:Jenis Cupang Apa Saja Sih yang Cocok Untuk Dipelihara? Cek Disini !!!

Lalu, apa saja sih perbedaan ikan cupang jantan dan betina, simak beberapa penjalasan  dibawah ini.

1. Warna

Perbendaan pertama terletak pada warna yang mereka miliki untuk ikan cupang jantan biasanya memiliki warna sisik cenderung lebih cerah dan mencolok dibandingkan ikan cupang betina. 

Sementara itu, ikan Cupang betina memiliki warna cenderung kusam dan gelap terutama di bagian tubuh mereka, Hal ini menjadi salah satu daya pikat dari si ikan cupang jantan untuk menggona si ikan betina sebelum mereka kawin nantinya.

2 . Bentuk Tubuh

BACA JUGA:5 Teknik Merawat Anak Ikan Cupang yang Baik dan Benar, Mudah Dipraktikkan!

Ikan Cupang jantan biasanya memiliki bentuk tubuh yang memanjang, ramping dan ideal.

Bagian tubuhnya memiliki bentuk yang lebih memanjang mulai dari mulut hingga ekornya dan mungkin untuk beberapa jenis memang tidak terlihat jelas lantaran perbendaan ukuran. 

Sedangkan, cupang betina cenderung memiliki tubuh yang pendek sehingga membuatnya tampilannya tampak lebih gembul dan kurang seanggun seperti ikan cupang jantan.

Sumber: