Apakah Benar Ceker Ayam Mengandung Tinggi Kolesterol? Berikut Ini Kata Ahli

Apakah Benar Ceker Ayam Mengandung Tinggi Kolesterol? Berikut Ini Kata Ahli

ceker ayam--freepik

SILAMPARITV.CO.IDTak hanya daging ayam, cekernya pun menjadi bagian yang paling disukai oleh orang Indonesia. 

Mereka kerap mengolah bagian ceker ayam ini menjadi makanan yang diolah dengan banyak varian, mulai dari pelengkap sup-sup an, sate ceker ayam, mie ayam hingga cemilan seperti ceker crispy, dan seblak ceker.

Makanan yang diolah dari ceker ayam ini pun sudah tak jarang bahkan populer di kalangan masyarakat. Beberapa warung makan hingga restoran mewah pun ada sebagian yang menyediakan menu dari ceker ayam ini.

Selain rasanya yang gurih, makanan satu ini juga memiliki tekstur yang kenyal sehingga menjadikan oang banyak menyukai masakan dari ceker ayam.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Seduh Kopi Tanpa Gula Namun Tetap Manis Sehat? Campurkan Bahan Ini!

Namun, ada yang beranggapan ceker ayam mengandung kolesterol yang tinggi. Apakah benar? Berikut ulasannya.

Berdasarkan keterangan dari Ahli Gizi Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Tri Kurniawati, menerangkan bahwa ceker ayam mengandung kolesterol.

Dalam 100 g ceker ayam, terkandung sebanyak 84 mg kolesterol yang setara dengan 20 persen kebutuhan harian orang dewasa.

Tri menuturkan bahwa ceker ayam mengandung kadar air sebanyak 65,08 persen, protein 20,10 persen, lemak sebesar 3,90 persen, dan kadar abu sebanyak 8,16 persen.

BACA JUGA:Mengapa Daun Salam Bermanfaat bagi Kesehatan? Simak 7 Manfaatnya Dibawah Ini!

Ceker ayam juga mengandung 19 asam amino, di antaranya adalah asam aspartat, glutamin, glisin, histidin, arginin, hidroksiprolin, serin, treonin, alanine, prolin, ileusin, fenilalanin, triptofan, tirosin, valin, metionin, sistin, dan lisin.

"Sehingga, ketika mengonsumsi ceker ayam dalam jumlah yang banyak atau sering dapat menyebabkan peningkatan kolesterol yang bila terjadi secara terus-menerus dan menyebabkan badan lebih mudah lelah bahkan pada akhirnya dapat menyebabkan gagal jantung atau stroke," jelas Tri seperti yang dilansir dari laman UM Surabaya, pada Sabtu, 6 Januari 2024.

Selain itu, ceker ayam juga mengandung lemak tak jenuh sebesar 5,5 gram per 100 gram atau 60 persen dari kebutuhan orang dewasa.

"Komponen terbesar dari penyusun ceker ayam yakni kolagen sebesar 5,64 - 31,39 persen atau sebesar 28,73 - 36,83 persen dari total protein," tambah Tri.

Sumber: