Kembali Erupsi Pagi Ini Gunung Lewotobi Laki-laki di NTT, Keluarkan Asap Tebal Setinggi 1.500 M

Kembali Erupsi Pagi Ini Gunung Lewotobi Laki-laki di NTT, Keluarkan Asap Tebal Setinggi 1.500 M

gunung lewotobi laki-laki erupsi pada sabtu (6/1/2024) pukul 13.21 wita.--

SILAMPARITV.CO.IDGunung Lewotobi Laki-laki yang berada di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali erupsi, keluarkan asap tebal hingga setinggi 1.500 meter.

Tampak angin bertiup ke arah barat daya dan barat dengan suhu udara berkisar 23-29 derajar celcius.

Pos Pemantau Gunung Api (PGA) Lewotobi Laki-laki memberikan laporan, terkait periode pengamatan pada pukul 00.00 Wita-06.00 Wita, cuaca di gunung Lewotobi Laki-laki berawan dan mendung.

Gunung Lewotobi Laki-laki di NTT ini meletus pada Sabtu (6/1/24) kisaran pukul 13.21 WITA.

BACA JUGA:Dampak Erupsi Gunung Marapi, Bandara Minangkabau Ditutup Lagi Sementara

Asap kawah bertekanan sedang hingga kuat terlihat dengan warna putih dan kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 1.000-1.500 meter di atas puncak kawah. 

"Terlihat erupsi menerus dengan tinggi kolom asap 1.500 meter dari pusat erupsi ke arah barat-barat daya," kata Yeremias Kristianto Pugel, Petugas Pos PGA Lewotobi Laki-laki, dalam keterangannya, Sabtu 6 Januari 2024.

Pada periode ini terjadi hujan abu cukup tipis hingga sedang di Pos PGA Lewotobi Laki-Laki dan juga tercium aroma belerang dengan intensitas sedang kuat. 

Selanjutnya terjadi gempa embusan sebanyak tiga kali, enam kali vulkanik dangkal, 11 kali vulkanik dalam, dan satu kali tektonik jauh.

BACA JUGA:Malam Jum'at Ini, Gunung Merapi Kembali Keluarkan Awan Panas Hingga Guguran ke Arah Kali Bebeng

"Tremor terus terekam dengan amplitudo 3,7-14,8 mm, dominan sebesar 7,4 mm," ujar Yeremias.

Yeremias menghimbau agar warga sekitar tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 3 kilometer dari pusat erupsi gunung Lewotobi Laki-laki dan gunung Lewotobi Perempuan

Serta 4 kilometer dalam arah barat laut utara dan selatan-tenggara dari pusat erupsi gunung Lewotobi Laki-laki. Masyarakat sekitar diharapkan agar tetap tenang dan mengikuti arahan Pemda juga tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya. 

"Pemerintah daerah senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki di Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang, atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi di Bandung," terangnya.

Sumber: