Telapak Tangan dan Kaki Anda Sering Keluar Keringat Secara Tiba- Tiba? Ternyata Ini dia Penyebabnya

Telapak Tangan dan Kaki Anda Sering Keluar Keringat Secara Tiba- Tiba? Ternyata Ini dia Penyebabnya

Ilustrasi telapak tangan mudah basah karena keringat--Freepik

SILAMPARITV.CO.IDKeringat di telapak tangan dan kaki sering kali muncul saat tubuh sedang kepanasan, stres, sedang emosi, atau berolahraga berat. 

Namun, beberapa orang merasa ada bagian tubuh tertentu yang mengeluarkan keringat berlebih di luar waktu di atas, setidaknya seminggu sekali.

Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menimbulkan kebingungan. Mengapa telapak tangan dan kaki kita sering berkeringat?

Telapak tangan dan kaki kita mempunyai kelenjar keringat yang lebih banyak dibandingkan bagian tubuh lainnya. Tak bisa dipungkiri, bagian tubuh ini kerap basah. Sementara itu, penyebab keringat berlebih di telapak kaki dan tangan bisa berbeda-beda tergantung jenis hiperhidrosis primer atau sekunder.

BACA JUGA:Mengapa Tiba-tiba Timbul Rasa Bosan? Berikut Penjelasannya!

•Hiperhidrosis primer

Melansir Mayo Clinic, jenis hiperhidrosis yang paling umum yaitu hiperhidrosis fokal primer. 

Hiperhidrosis  disebabkan oleh kelainan neurologis yang menyebabkan kelenjar keringat memberi sinyal aktivitas berlebihan.

Bahkan tanpa aktivitas fisik berlebihan atau kenaikan suhu  berlebihan, penderita kondisi ini mungkin masih mengeluarkan keringat berlebih, terutama saat sedang stres atau cemas.

BACA JUGA:Apakah Anda Sering Mengalami Sakit Kepala Saat Bangun Tidur? Inilah 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Jenis hiperhidrosis primer ini sering menyerang telapak kaki, tangan, bahkan terkadang  wajah.

Penyebab  telapak tangan dan kaki berkeringat berkaitan dengan hiperhidrosis. Hiperhidrosis primer sering kali berkaitan dengan faktor genetik. Jika Anda mempunyai keluarga yang menderita telapak tangan dan kaki basah,  kemungkinan besar Anda juga mengidapnya.

Hiperhidrosis sekunder terjadi ketika keringat berlebih disebabkan oleh gangguan kesehatan atau gejala penyakit tertentu.

Penyebab keringat pada telapak tangan dan kaki  terkait hiperhidrosis Hiperhidrosis sekunder antara lain:

Sumber: