Apakah Anda Sering Mengalami Sakit Kepala Saat Bangun Tidur? Inilah 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Apakah Anda Sering Mengalami Sakit Kepala Saat Bangun Tidur? Inilah 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

ilustrasi sakit kepala--freepik

SILAMPARITV.CO.IDApakah Anda sering terbangun dengan rasa sakit kepala atau mengeluh kepala terasa berat saat bangun tidur? Jika iya, simak berikut penjelasan berbagai kemungkinan penyebab dan cara mengatasinya.

Setidaknya satu dari 13 orang merasakan sakit kepala setelah bangun tidur. Keluhan ini memang mungkin terjadi, karena tubuh memproduksi lebih sedikit hormon nyeri di pagi hari.

Namun, jangan anggap remeh keluhan ini, karena terkadang bisa menjadi pertanda adanya beberapa masalah kesehatan yang mengganggu Anda.

Berbagai penyebab sakit kepala saat bangun tidur yaitu: 

 BACA JUGA:Ini dia 9 Ramuan Alami yang Bisa Membantu Menghilangkan Sakit Gigi

1. Insomnia 

Apakah waktu tidur anda tidak teratur atau anda menderita insomnia? Bisa jadi hal itu bisa menyebabkan sakit kepala saat bangun tidur. Pasalnya, insomnia dapat mengganggu siklus tidur sehingga lama kelamaan terbangun akan mengalami sakit kepala atau pusing.

2. Migrain 

Migrain atau sakit kepala sebelah juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala setelah bangun tidur. Sakit kepala pagi hari yang disebabkan oleh migrain mungkin memburuk antara jam 4 dan 8 pagi.

3. Kesulitan bernapas saat tidur (sleep apnea) 

BACA JUGA:Begini Cara Pengolahan Kumis Kucing Bagi Kesehatan Tubuh!

Sleep apnea adalah penyakit yang menyebabkan pernapasan terhambat atau tertekan selama beberapa detik saat tidur. Hal ini menyebabkan penurunan kadar oksigen di otak sehingga menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala saat bangun tidur.

Beberapa gejala sleep apnea antara lain mendengkur keras, berkeringat saat tidur, sesak napas saat tidur, sering terbangun dari tidur, dan mudah lelah saat bangun tidur.

4. Kebiasaan menggemeretakkan gigi (bruxism) 

Sumber: