Apakah Anda Sering Mengalami Sakit Kepala Saat Bangun Tidur? Inilah 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Apakah Anda Sering Mengalami Sakit Kepala Saat Bangun Tidur? Inilah 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

ilustrasi sakit kepala--freepik

Meski terkesan sederhana, kebiasaan menggemeretakkan gigi saat tidur bisa membuat terbangun dengan sakit kepala. Pasalnya, kebiasaan tersebut dapat menurunkan kualitas tidur yang secara tidak langsung dapat memicu keluhan sakit kepala.

 BACA JUGA:7 Manfaat Yakult Bagi Kesehatan, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung

5. Gangguan kecemasan dan depresi 

Penelitian menunjukkan bahwa gangguan kecemasan dan depresi adalah salah satu penyebab sakit kepala kronis di pagi hari. Pasalnya, saat orang cemas atau depresi, mereka cenderung sulit tidur dan susah tidur, sehingga berisiko terbangun dengan sakit kepala.

Sakit kepala saat bangun tidur pasti sangat tidak menyenangkan. Namun anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasinya yaitu : 

- Menjaga kualitas tidur anda 

BACA JUGA:6 Manfaat Air Rebusan Kayu Manis untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Menurunkan Berat Badan

Keluhan sakit kepala saat bangun tidur dapat anda bantu atasi dengan menjaga ritme tidur anda saat tidur 7 - 9. jam setiap hari. Apakah sulit untuk dilakukan? Cobalah mengubah kebiasaan tidur Anda untuk mendapatkan tidur yang cukup.

Caranya tidak sulit, Anda hanya perlu membiasakan tidur dan bangun di waktu yang bersamaan, agar kualitas tidur Anda tetap terjaga. Agar mudah tertidur, ciptakan lingkungan tidur yang nyaman dengan meredupkan lampu, minum air sebelum tidur, mematikan perangkat, dan menggunakan pelembab udara jika tersedia.

Bagi penderita sleep apnea, usahakan tidur miring. Posisi ini dapat membantu menjaga kualitas tidur Anda dan mengurangi kurang tidur.

- Mempraktikkan teknik relaksasi 

BACA JUGA:Ini dia 6 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Agar Kembali Normal

Mempraktikkan teknik relaksasi sebelum tidur bermanfaat untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak dan mencegah sakit kepala saat bangun tidur. Teknik relaksasi yang bisa Anda lakukan antara lain meditasi dan yoga.

- Manajemen Stres 

Cara mengatasi sakit kepala saat bangun tidur selanjutnya adalah dengan mengelola stres. Hal ini dapat dilakukan dengan bermeditasi, berolahraga secara teratur, atau menceritakan kekhawatiran atau keluhan Anda kepada orang-orang terdekat.

Sumber: