Ini dia 6 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Agar Kembali Normal

Ini dia 6 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Agar Kembali Normal

ilustrasi tips turunkan tekanan darah tinggi--freepik

SILAMPARITV.CO.IDMenurut pedoman pembatasan terbaru dari American College of Cardiology dan American Heart Association, jika tekanan darah Anda tiba-tiba dianggap tinggi (hipertensi), gejala berikut mungkin terjadi dan pasti anda bertanya-tanya apa yang harus dilakukan.

Pedoman ambang batas hipertensi yang dikeluarkan pada bulan November menurunkan definisi  tekanan darah tinggi (hipertensi) dari 140/90 mm Hg menjadi 130/80 milimeter air raksa (mm Hg), artinya saat ini sudah banyak perempuan yang memenuhi kriteria tersebut, hipertensi stadium 1.

Meskipun kita tidak bisa mengabaikan aturan pembatasan terbaru, kita tidak perlu panik. 

Dr Naomi Fisher, Direktur Pengobatan dan Layanan Hipertensi mengatakan, "Jelas, tidak ada yang akan terjadi dalam semalam bagi tubuh atau kesehatan wanita dengan pencabutan pembatasan tekanan hipertensi yang baru" rumah sakit wanita di Sekolah Kedokteran Harvard.

BACA JUGA:7 Manfaat Yakult Bagi Kesehatan, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung

Perubahan dalam cara mengukur tekanan darah tinggi akan mendorong Anda untuk melakukan penurunan tekanan darah dengan lebih serius. 

“Pedoman ini sudah lama tertunda dan telah diterima dengan baik oleh sebagian besar ahli hipertensi. Meski tampak drastis, perubahan dalam mendefinisikan hipertensi dari hasil uji coba ini akan membantu ribuan orang,” lanjutnya.

Jika tekanan darah Anda berada di kisaran 130 hingga 80, menurunkannya dapat melindungi Anda dari serangan jantung, stroke, penyakit ginjal, penyakit mata, dan bahkan penurunan kognitif. Anda dapat melindungi diri Anda sendiri. 

Tujuan dari batasan tekanan darah tinggi yang baru ini adalah untuk mendorong Anda agar menangani tekanan darah tinggi dengan serius dan mengambil langkah-langkah untuk menguranginya, termasuk intervensi  gaya hidup.

BACA JUGA:Bagaimana Solusi Ampuh untuk Atasi Darah Tinggi dan Kolesterol? Cek Rahasianya di Sini!

“Diketahui bahwa perubahan gaya hidup dapat menurunkan tekanan darah sama seperti meminum pil, dan terkadang lebih,” kata Dr. Fisher.

Banyak tantangan berbeda yang dihadapi dalam mengubah gaya hidup sehari-hari menjadi lebih sehat. Banyak wanita yang bangun setiap pagi dengan komitmen menjalani pola makan sehat dan menikmati sepiring kue di  meja kerja atau  makan di restoran bersama teman. 

Anda tidak perlu  mengubah ritme kehidupan  sehari-hari secara signifikan untuk membuat perbedaan pada tekanan darah Anda. Berikut enam tips sederhana tentang langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu mengembalikan tekanan darah Anda ke tingkat normal.

1. Menurunkan Berat Badan

Sumber: