Ini Cara Membudidaya Ikan Mas Produksi, Raup Cuan Gede di Sini!

Ini Cara Membudidaya Ikan Mas Produksi, Raup Cuan Gede di Sini!

IKAN MAS merupakan salah satu termasuk ikan konsumsi air tawar--

SILAMPARITV.CO.ID - Ikan Mas merupakan salah satu termasuk ikan konsumsi air tawar yang cukup menjadi favorit di indonesia.

Selain itu, permintaan terhadap produk ikan mas yang segar cukup besar dibandingkan ikan produksi air tawar lainnya.

Ikan mas (Cyprinus Carpio)  termasuk kedalam Genus Cyprynidae, secara fisikologis, sementara untuk membedakan ikan mas terhadap ikan koi yakni memiliki badan memanjang dan sedikit pipih kesamping, mulut ikan teletak ditengah, memiliki sungut sebagai ciri khas yang membedakan ikan mas dan ikan Koi.

Sementara itu, budidaya ikan mas di Indonesia dapat ditemukan di Jawa Barat yang meliputi Ciamis, Sukabumi, Tasikmalaya, Bogor, Garut, Bandung, Cianjur dan Purwakarta.

BACA JUGA:Ini Dia Bunga Flamboyan yang Lagi Dicari, Berikut Cara Menanam dan Merawatnya agar Tumbuh Cantik

Namun, budidaya ikan mas banyak yang dilalukan oleh masyarakat di kolam, keramba dan jaring apung.

Adapun, syarat Budidaya ikan mas pada habitat aslinya ikan mas tinggal di perairan air tawar seperti sungai, waduk maupun danau pada ketinggian sekitar 150-600 DPL di atas permukaan laut dengan kondisi suhu air 20 derajat  hingga 25 derajat Celcius.

Ikan mas termasuk dalam kategeri pemakan segala atau omnivore oleh karena itu biasanya Spesies ikan mas memakan dedaunan lumut, cacing, serangga atau Lainnya.

Untuk membudidaya ikan mas sangat perlu di usahakan selalu membuat lingkungan yang mempunyai habitat asli ikan tersebut.

BACA JUGA:Apa Saja Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh? Simak Penjelasannya Dibawah Ini!

Jenis ikan mas dapat dapat di budidayakan dan dipelihara didalam kolam beton, kantong jaring, jaring apung, kolam tanah, kolam air deras dan lainnya serta tergantung ketersediaan lokasinya.

Selain itu, pemberian pakan pada budidaya ikan mas bisa diberikan bermacam-macam jenisnya mulai dari pakan alami hingga pellet buatan pabrik.

Adapun yang harus di perhatika yaitu kualitas air pada media budidaya ikan mas antara lain PH  7-8 kadar oksigen yang cukup dan tidak tercemar oleh kandungan zat kimia yang berbahaya.

Sementara untuk persiapan kolam untuk ikan mas pada umumnya ada tiga yaitu kolam tanah, Kolam semen dan kolam terpal.

Sumber: