Ini Dia Bunga Flamboyan yang Lagi Dicari, Berikut Cara Menanam dan Merawatnya agar Tumbuh Cantik

Ini Dia Bunga Flamboyan yang Lagi Dicari, Berikut Cara Menanam dan Merawatnya agar Tumbuh Cantik

Cara Menanam dan Merawat bunga Flamboyan agar Tumbuh Cantik--Pixabay

Dari kejauhan akan terlihat seperti batang pohon yang dipayungi payung merah raksasa. Payung merah raksasa itu berasal dari ratusan bahkan ribuan bunga-bunga merah yang bermekaran secara bersamaan. 

Tak ayal, banyak orang mencari bibit bunga tersebut dan menanamnya. Bukan pada saat mekarnya saja, bahkan saat bunganya berguguranpun, selalu menjadi momen favorit orang-orang yang dinantikan.

BACA JUGA:Cepat Tanggap, Bupati Musirawas Hj Ratna Machmud Turun Langsung Berikan Bantuan

Untuk cara menanamnya terbilang mudah, jadi Anda bisa memilikinya dengan melakukan penanamannya sendiri. 

Dikutip dari laman bibitbunga.com, untuk mendapatkannya, hanya perlu memperhatikan hal-hal berikut:

  • Perhatikan bijinya

Yang pertama perhatikan bijinya. Karena Biji bunga flamboyan berwarna hitam, sepintas seperti biji bunga matahari, namun biji flamboyan lebih lonjong, besar-besar dan padat. 

Pada penanaman awal, biasanya perkecambahan biji adalah hal yang cukup sulit. Tidak sedikit orang yang gagal pada saat penanamannya. 

BACA JUGA:Hindari Hal Ini! Berikut Contoh Mental Miskin Orang Tua yang Bisa Hambat Kesuksesan Anak

Padahal sebenarnya, mudah saja jika mengetahui tekniknya. Untuk membuat biji bunga flamboyan dapat berkecambah, dapat dilakukan 2 teknik di bawah ini:

Cara pertama, rendam biji bunga flamboyan terlebih dahulu. Proses perendaman dilakukan selama sehari semalam, 24 jam menggunakan air hangat. 

Kemudian saat kulit biji bagian luar mulai terkelupas, tanamlah ke dalam pot.

Cara kedua, yaitu dengan mengamplas setiap sisi biji flamboyan tersebut. Tidak usah terlalu lama mengamplasnya, hanya lakukan beberapa detik saja. 

BACA JUGA:Ini dia 5 Rekomendasi Sepatu Gunung Terbaik, Harga Dimulai 200 Ribuan, Pendaki Wajib Tau!

Setelah itu, rendam biji tersebut dengan air selama sehari penuh. Setelah itu, tanam dalam pot. Biasanya kecambah sudah akan muncul dalam 4 sampai 6 hari setelah perendaman.

Perhatikan pH tanah dan kelembaban udara. pH tanah yang diperlukan untuk menanam biji bunga flamboyan adalah 5,6 sampai 6,0. 

Sumber: