Ini Dia Bunga Flamboyan yang Lagi Dicari, Berikut Cara Menanam dan Merawatnya agar Tumbuh Cantik

Ini Dia Bunga Flamboyan yang Lagi Dicari, Berikut Cara Menanam dan Merawatnya agar Tumbuh Cantik

Cara Menanam dan Merawat bunga Flamboyan agar Tumbuh Cantik--Pixabay

Tumbuh subur pada beriklim tropis. Bisa ditanam saat kemarau, musim penghujan, namun tidak dapat tumbuh jika ditanam pada musim salju atau musim dingin. 

Karena akar flamboyan akan mengalami pembusukan dan mati akibat terhambatnya pernapasan akar oleh butiran salju yang dingin.

BACA JUGA:Kebiasaan di Pagi Hari Mana yang Lebih Baik, Minum Kopi atau Teh? Berikut Penjelasannya!

  • Penanaman pada lahan

Ketika biji yang ditanam di dalam pot sudah tumbuh setinggi 1 meter, maka pohon flamboyan kecil sudah siap dipindahkan ke lahan permanen. 

Caranya, buat cekungan pada lahan tanah dengan menggalinya sedalam 50 cm. Lalu pindahkan pohon flamboyan kecil Anda pada cekungan tanah tersebut dengan arah tegak lurus. 

Kemudian tutup dan timbun akarnya dengan tanah. Padatkan sekelilingnya.

Selanjutnya, perlu dilakukan perawatan terhadap pohon kecil yang sudah Anda tanam. Namun jangan khawatir, perawatannyapun tidak ribet.

BACA JUGA:Ini dia 5 Tips Agar Akuarium Tetap Bersih dan Jernih Tanpa Dikuras

  • Pemupukan

Berikan pupuk secara berkala. Hanya sekitar 2-3 bulan sekali.

  • Penyiraman

Penyiramannya tidak dilakukan secara khusus. Siram seperlunya saja. Seperti tanaman pohon-pohon lainnya yang pada masa awal tumbuhnya, disiram secara rutin.

  • Pemangkasan

Karena pohon flamboyan adalah pohon yang tumbuh besar, bisa tumbuh 5 meter dalam setahun, diperlukan pemangkasan pada batang, tangkai, juga daunnya bagian atasnya. 

BACA JUGA:Banjir Melanda di Beberapa Wilayah Kabupaten Musi Rawas

Hal ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhannya, juga mempercantik tampilannya saat besar nanti.

Ketika pohon flamboyan sudah tumbuh sangat besar dan mencapai ketinggian 12 meter, biasanya tanaman ini dibiarkan begitu saja, tanpa perawatan. 

Namun pohon ini akan tetap tumbuh dengan bunga - bunga nya yang indah. Tumbuh besar dan berbunga mencolok terlihat seperti pohon berbunga yang berasal dari genus tabebuia.*

Sumber: