Kebiasaan di Pagi Hari Mana yang Lebih Baik, Minum Kopi atau Teh? Berikut Penjelasannya!

Kebiasaan di Pagi Hari Mana yang Lebih Baik, Minum Kopi atau Teh? Berikut Penjelasannya!

--

SILAMPARITV.CO.IDSudah menjadi kebiasaan rutin sebagian orang, termasuk Beauties.

Namun, apa yang membuat Beauties memilih menyeduh kopi dan teh? Apa memang karena preferensi Beauties atau hanya mengikuti tren? 

Dari minuman itu, pernah terlintas minuman manakah yang lebih baik dikonsumsi di pagi hari? Apakah itu kopi atau teh?

Dalam artikel ini disajikan sederet fakta menarik tentang kopi dan teh, mulai kandungan kafein hingga efeknya bagi tubuh. Simak sampai akhir ya!]

BACA JUGA:Mau Tahu Cara Merawat Kucing Agar Bulunya Tetap Cantik dan Sehat

Ingat, teh dan kopi sama-sama mengandung kafein

Perlu dipahami dulu, minuman sejenis teh dan kopi sama-sama mengandung kafein. Namun, sebuah penelitian menyebut kadar kafein dalam teh jauh lebih rendah daripada kopi. 

Jumlah kafein dalam secangkir kopi bisa berbeda-beda tergantung jenis, takaran, dan varian biji kopi yang dipilih. Merujuk laman Healthline, berikut kandungan kafein dalam secangkir kopi.  

Dalam satu cangkir kopi instan hanya mengandung sekitar 30-90 mg kafein, jauh lebih sedikit dari jumlah kafein kopi biasa.

Satu cangkir espresso murni berukuran 30-50 ml mengandung sekitar 63 mg kafein.

BACA JUGA:Berbagai Macam Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Satu cangkir kopi sejenis americano, latte, cappuccino, dan macchiatos memiliki kandungan kafein yang sama dengan espresso murni yaitu sekitar 63 mg. Kok bisa sama? Sebab, minuman tersebut dibuat dari espresso shot yang dicampur dengan susu. Sementara susu tidak mengandung kafein tambahan. 

Kandungan kafein dalam kopi sudah, lalu bagaimana dengan teh?

Mayo Clinic menyatakan dalam 237 ml teh hitam yang diseduh mengandung 47 mg kafein. Sementara pada teh hijau dengan takaran sama hanya sekitar 28 mg kafein. 

Sumber: