Siap Pikat Wisatawan, Sumsel Akan Siapkan Destinasi Wisata Kopi

Siap Pikat Wisatawan, Sumsel Akan Siapkan Destinasi Wisata Kopi

Aufa Syahrizal, Kepala Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel --

SILAMPARITV.CO.IDSiap memikat wisatawan dan pecinta kopi, dikabarkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel mengumumkan rencana pengembangan destinasi wisata perkebunan yang diberi nama “Destinasi Wisata Kopi” atau Dewaskopi.

Tujuan dari tahapan ini adalah untuk memperkenalkan potensi kopi Sumsel kepada masyarakat dan wisatawan.

Kopi terkenal dengan varietas Robusta dan Arabika yang tumbuh subur di beberapa daerah seperti Pagar Alam, Lahat, Empat Lawang, Ogan Komering Ulu Selatan (OKU Selatan) dan Muara Enim.

BACA JUGA:Patung Arca Buddha Darma Cakra Mudra Ditemukan oleh Penyelam di Sungai Musi

“Kami mengumpulkan para produsen kopi di daerah-daerah tersebut untuk mengembangkan agrowisata guna mempromosikan kopi di Sumsel,” kata Aufa Syahrizal, Kepala Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel dikutip dari sumsel.akurat.co, Rabu 17 Juli 2024.

Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata bekerja sama dengan PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) dan Dewan Kopi Sumatera Selatan melakukan survei lapangan untuk mengidentifikasi lokasi potensial dan menggarap perkebunan kopi.

“Perkebunan kopi dijadikan salah satu destinasi agrowisata dimana wisatawan dapat merasakan langsung proses menanam, merawat dan menyangrai kopi,” jelas Aufa.

BACA JUGA:Kecelakaan Maut di Tol Palembang-Prabumulih Tewaskan Dokter Bella

Melalui destinasi wisata kopi, Aufa berharap masyarakat dan wisatawan dapat mengenal kopi Sumsel lebih dalam serta mengapresiasi budidaya dan pengolahan kopi dari kebun hingga ke cangkir.

Sumber: