Prediksi BMKG Hari Ini: 11 Januari 2024, 30 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Prediksi BMKG Hari Ini: 11 Januari 2024, 30 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

ilustrasi cuaca yang dirilis BMKG hari ini, Kamis (11/1/2024)--freepik

SILAMPARITV.CO.IDBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca hari ini, tepatnya pada 11 Januari 2024, terdapat 30 wilayah yang berpotensi alami cuaca ekstrem.

Disebutkan oleh BMKG, cuaca tersebut berpotensi ekstrem yakni berupa hujan lebat, petir, dan angin kencang.

Hal ini memungkinkan dipengaruhi oleh adanya sirkulasi siklonik yang terpantau di Samudera Hindia sebelah barat daya Bengkulu, perairan barat Kalimantan Barat, dan di Australia bagian utara yang daerah terbentuk alami perlambatan kecepatan angin (konvergensi). 

BACA JUGA:Ditemukan Gajah Betina Mati di Hutan Produksi Bengkulu, Diduga Terkena Tembakan dari Pemburu

Daerah konvergensi ini akan memanjang di Samudera Hindia bagian barat Sumatera, yakni di Sumatera Selatan, NTT, dan di Kalimantan Barat.

Melansir dari laman resmi BMKG, selain daerah tersebut, daerah konvergensi lainnya pun juga terdeteksi memanjang dari Sumatera Utara sampai dengan Sumatera Barat, kemudian di bagian utara Kalimantan utara, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Papua Barat, Papua dan NTB.

"Daerah pertemuan angin (konfluensi) terlihat berada memanjang dari Laut Cina Selatan sampai di Laut Natuna, kemudian dari Laut Jawa sampai Laut Banda," tulis BMKG dalam keterangannya.

BACA JUGA:Ingin Terlihat Awet muda dan Glowing? Berikut Tips dan Rahasianya Wanita Korea!

Berikut beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang berdasarkan data yang dirilis oleh BMKG, Kamis (11/1/2024).

Ini daftar wilayahnya yang berpotensi alami cuaca ekstrem tersebut.

1. Sumatera Barat 

2. Sumatera Utara

3. Aceh

4. Sumatera Selatan

Sumber: