Tiger Datz Fish, Apakah Anda Sudah Tahu Ikan Hias yang Satu ini? Si Predator Buas Harimaunya Akuarium

Tiger Datz Fish,  Apakah Anda Sudah Tahu Ikan Hias yang Satu ini? Si Predator Buas Harimaunya Akuarium

Ikan Tiger Datz Fish merupakan salah satu ikan hias predator buas belang--

SILAMPARITV.CO.ID  - Ikan Tiger Datz Fish merupakan salah satu ikan hias predator buas belang dari sungai tropis. Namanya memang bisa diartikan sebagai ikan singa air tawar.

Namun, corak tubuhnya sangat mirip dengan harimau mempunyai ciri khas loreng-loreng dan harganya yang mahal menjadikan ikan hias tiger fish termasuk dalam daftar koleksi ikan premium.

Sementara, yang membuatnya sangat layak menyandang nama ”tiger” adalah gerak polahnya, Sekilas memang terkesan kalem, Tapi jangan salah Saat memburu mangsanya ikan hias tiger fish akan mengikutinya  secara diam-diam sebelum ia menerkam secara tiba-tiba.

Agresivitasnya ketika ikan hias predator yang satu ini memburu mangsa didukung oleh bentuk rahang yang mendongak tinggi dengan sudut kemiringan yang tajam.

BACA JUGA:Usai Pulang Nongkrong, Pemuda di Medan Berujung Tewas Setelah Dibacok Kepalanya

Meskipun terlihat ganas, ikan ini bisa berubah menjadi sangat jinak dengan tuannya. Ia bisa dielus-elus bahkan dapat digendong-gendong dengan mudah.

selain itu, pada umumnya corak tubuh ikan tiger fish adalah perpaduan antara warna dasar keemasan dan garis-garis hitam vertikal yang disebut BAR.

Nah, jumlah bar di tubuh ikan inilah yang sangat memengaruhi dengan harganya, Kebanyakan ada empat bar di sekujur tubuhnya , jika hanya terdapat ada tiga bar di bagian tubuhnya, konon harganya akan lebih mahal.

Terdapat beberapa jenis tiger fish yang dapat dibedakan dari warnanya ”Contoh”, (tiger fish) datz Sumatera itu agak terang dan warnanya lebih stabil ketimbang Borneo (Kalimantan),” papar penggemar ikan predator asal Surabaya Arifin Rahman. 

BACA JUGA:Mengawali Tahun Baru 2024, Polsek Lubuklinggau Timur I Gelar Yasinan Bersama

Dia menambahkan, keduanya juga sangat berbeda dengan datz yang berasal dari Papua ataupun Papua Nugini (NGT).

Warna tubuhnya akan lebih menyala ketika berenang di kedalaman air, Terutama jika disandingkan dengan spesies ikan predator lainnya seperti arwana, pari air tawar, dan peacock bass.

Namun, meski merupakan ikan endemik Indonesia, persebaran datz tidak hanya terbatas di wilayah Nusantara. Tapi juga di perairan Thailand, Kamboja, Vietnam, dan beberapa perairan lain di Asia Tenggara.

Arifin juga menyebutkan bahwa tiger fish memiliki tempat yang khusus di hati penghobi ikan predator lokal.

Sumber: ikan hias