Jangan Dibuang! Ini 6 Macam Kulit Buah yang Memiliki Sejuta Manfaat untuk Tubuh

Jangan Dibuang! Ini 6 Macam Kulit Buah yang Memiliki Sejuta Manfaat untuk Tubuh

ilustrasi kulit buah lemon--freepik

SILAMPARITV.CO.IDKulit buah merupakan lapisan terluar. Sayangnya, bagian ini sering dianggap tidak berharga. Tak heran jika saat ingin mengonsumsi buah-buahan yang berbeda, kebanyakan orang mengupas kulitnya terlebih dahulu.

Banyak buah-buahan yang direkomendasikan untuk dimakan bersama kulitnya. Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan. Ternyata, kandungan pada kulit buahnya tidak bisa dianggap remeh. Faktanya, ada zat tertentu yang lebih banyak terdapat pada kulitnya dibandingkan pada daging buahnya.

Berikut adalah jenis kulit buah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

1. Kulit Pisang

BACA JUGA:10 Penyebab Rambut Rontok Parah, Simak Penjelasannya di Sini!

Menurut penelitian yang dilakukan di Chung Shan Medical University Taiwan, ekstrak kulit pisang mampu menyeimbangkan hormon, menciptakan suasana hati bahagia dan mengurangi depresi. 

Jika ingin membuat smoothies, disarankan menambahkan kulit dan ampas pisang, lalu blender hingga halus dan tambahkan es batu. 

Anda juga bisa langsung merebus kulit pisang selama kurang lebih 10 menit lalu meminum air rebusannya secara rutin untuk hasil terbaik. Kandungan lutein pada kulit pisang mampu melindungi retina mata.

2. Kulit Kiwi

Daging buah kiwi berwarna hijau dan mengandung biji kecil berwarna hitam. Jika dikonsumsi secara rutin, buah ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

BACA JUGA:Mengenal Ikan Kepala Timah Atau Dikenal dengan Cito Ini, Si Ikan Sawah

Beberapa zat yang terdapat pada kulit kiwi antara lain senyawa fenolik, folat, dan antioksidan. Kandungan antioksidan tiga kali lipat dari jeruk mampu mencegah kanker dan memiliki sifat anti inflamasi. Disarankan juga untuk membuat smoothie dengan kulit kiwi yang berbulu.

3. Kulit Apel

Buah renyah dengan rasa manis asam ini kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Enggak heran ya, sebutir apel sehari itu istilahnya, jauhkan dari dokter. Selain daging buahnya yang kaya akan vitamin C, kandungan kulit apel mungkin tidak begitu efektif. 

Sumber: