7 Makanan dan Buah Ini Mempunyai Protein Tinggi untuk Membantu Masa Perkembangan Otot

7 Makanan dan Buah Ini Mempunyai Protein Tinggi untuk Membantu Masa Perkembangan Otot

ilustrasi makanan tinggi protein--freepik

SILAMPARITV.CO.IDTubuh sangat membutuhkan konsumsi protein, baik yang berasal dari protein hewani maupun nabati. Protein merupakan makronutrien yang tersusun dari beberapa unsur yaitu karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O) dan nitrogen (N). 

Protein sangat penting dalam pemulihan dan pembentukan berbagai jaringan tubuh dan juga sebagai sumber energi. Selain itu, makanan kaya Protein mendukung sistem kekebalan tubuh, meningkatkan pertumbuhan sel dan menjaga daya tahan tubuh untuk mencegah berbagai penyakit.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, protein bisa didapat dari sumber hewani seperti mengonsumsi daging sapi, telur, kerang, ikan, dan kacang tanah. Selain itu, protein berasal dari sayuran seperti tahu, tempe, dan brokoli. 

Tubuh manusia membutuhkan sekitar 2-4 porsi protein hewani, yakni. 70-160 gram daging. Pada saat yang sama, masyarakat perlu mengonsumsi 2-4 porsi protein nabati untuk mendapatkan protein nabati.

BACA JUGA:Apa Itu Penyakit Metal OCD dan Bagaimana Ciri-cirinya? Cek Disini!

Kekurangan protein bisa berbahaya bagi tubuh. Seperti munculnya berbagai gangguan kesehatan dan melemahnya sistem kekebalan tubuh. 

Dampak lain yang ditimbulkan akibat kekurangan protein antara lain rambut rontok, badan lemas dan mudah lelah, gangguan kesehatan otak dan mental, terhambatnya tumbuh kembang anak, serta lambatnya penyembuhan luka.

Berikut Makanan Yang Kaya Akan Protein:

1. Susu

Bukan rahasia lagi kalau minuma sehat dan bergizi ini tinggi protein.susu mengandung protein,kalsium, foskor, vitamin B2 dan D yang baik untuk kesehatan tulang,segelas susu mengandung 8 gram protein, sedangkan untuk kalorinya sekitar 103 kalori.

BACA JUGA:Inilah 8 Penyebab Umum Sakit Tenggorokan dan Cara Pengobatannya

Selain diminum langsung, susu juga bisa digunakan untuk membuat yogurt dan kue. Dengan rutin meminum susu atau mengonsumsi produk olahan susu seperti yogurt dan sereal, secara tidak langsung Anda sedang berusaha menjaga kesehatan tulang dan otot serta menjaga tekanan darah tetap stabil.

2. Daging Sapi

Makanan berprotein tinggi lainnya yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah daging sapi. Satu porsi daging sapi tanpa lemak seberat 85 ons mengandung 22 gram protein dan 184 kalori. 

Sumber: