Apa Saja Larangan di Bulan Rajab? Berikut Penjelasannya!

Apa Saja Larangan di Bulan Rajab? Berikut Penjelasannya!

ilustrasi bulan rajab--freepik

SILAMPARITV.CO.IDMemasuki bulan Rajab, artinya memasuki bulan dimana Allah SWT akan melipatgandakan amalan yang dilakukan, namun juga sebaliknya.

Ketika perbuatan maksiat dilakukan di Bulan Rajab, maka dosanya akan dilipatgandakan pula.

Maka dari itu, sangat dianjurkan oleh kita untuk terus memperbanyak ibadah dan amalan yang baik serta menjauhi segala yang dilarang oleh-Nya di Bulan Rajab ini.

Lantas, apa saja larangan di Bulan Rajab ini? agar dosa tidak berlipat.

BACA JUGA:Ini dia Destinasi Wisata Terbaru Sumatera Selatan Menawarkan Suasana Adem, Sejuk dan Tenang

Simak berikut beberapa hal yang dilarang dilakukan di Bulan Rajab.

Merujuk dalam surat At-Taubah ayat 36, Allah berfirman bahwa dalam kitabnya telah ditetapkan 12 bulan, dan Allah memberikan sebuah keistimewaan di 4 bulan sebagai bulan yang diagungkan.

4 bulan tersebut diantarnya ialah bulan haram seperti bulan Dzulhijjah, Dzulqa'dah, Muharram dan Rajab.

Pada bulan haram ini, umat muslim dianjurkan agar melakukan berbagai amalan yang baik dan dilarang melakukan peperangan perbuatan haram yang lainnya.

BACA JUGA:Dari Mana Asal-usul Kesenian Kuda Lumping? Berikut Ini Sejarahnya!

Beberapa larangan yang tidak dianjurkan untuk dilakukan selama Bulan Rajab, melansir dari laman musim.or.id Al Qodhi Abu Ya'la rahimahullah menerangkan, "Dinamakan bulan haram karena memiliki makna yakni, pada bulan tersebut diharamkan adanya aksi pembunuhan. Orang-orang Jahiliyyah pun meyakini adanya demikian.

Bulan-bulan haram ini merupakan waktu yang dihormati oleh banyak masyarakat Arab pra-kenabian yang kemudian di dalamnya terdapat beberapa larangan terjadinya pertumpahan darah, baik dalam bentuk peperangan ataupun memburu binatang.

Dari segala bentuk peperangan yang terjadi di antara mereka harus dihentikan ketika memasuki bulan haram ini. Penghormatan pada bulan-bulan ini orang Arab mengharapkan yang berada di luar Makkah pada saat mereka berdatangan ke Makkah untuk melaksanakan ibadah haji.

Adapun larangan di Bulan Rajab ini lebih ditekankan daripada di bulan-bulan lainnya.

Sumber: