Bukan Hanya Makanan, 7 Kebiasaan Ini Juga Bisa Membuat Tubuhmu Tidak Sehat

Bukan Hanya Makanan, 7 Kebiasaan Ini Juga Bisa Membuat Tubuhmu Tidak Sehat

ilustrasi mengemudi terlalu lama, termasuk kebiasaan yang tidak sehat--freepik

SILAMPARITV.CO.IDBukan hanya makanan, kebiasan-kebiasaan ini rupanya menjadi faktor membuat tubuh menjadi tidak sehat jika terus dilakukan.

Ketergesaan dan rutinitas sehari-hari bisa membuat kita tanpa sadar melakukan kebiasaan-kebiasaan yang sebenarnya kurang baik dan bisa merugikan tubuh.

1. Lupa cuci tangan 

Kebiasaan tidak mencuci tangan sebelum beraktivitas membawa dampak yang sangat besar. Awal mula penyakit menular bisa disebabkan oleh bakteri yang menempel di tangan. Sebelum makan, kedua tangan harus dicuci bersih dengan air mengalir sampai ke jari tangan dan kuku.

 BACA JUGA:Tak Hanya Enak, Ini 5 Manfaat Keju untuk Kesehatan

2. Duduk bersila 

Duduk bersila dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh hingga 7%. Menyilangkan kaki memberi tekanan lebih besar pada sendi pinggul dan dapat menyebabkan darah menggenang di kaki.

3. Makan sambil berjalan atau terburu-buru 

Saat makan pastikan dalam keadaan santai. Beginilah cara tubuh mengarahkan energi ke proses pencernaan. Enzim pencernaan juga bekerja dalam kondisi yang menyenangkan. Agar proses pencernaan berjalan baik, luangkan waktu minimal 10 menit untuk makan dalam suasana tenang.

 BACA JUGA:Inilah 5 Resep Jus Pepaya, Dapat Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

4. Menahan buang air kecil

Terkadang Anda terlalu malas untuk meninggalkan tempat kerja sebelum batas waktu kerja, padahal harus buang air kecil. Menunda buang air kecil dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih.

5. Mengemudi terlalu lama 

Mengemudi dalam waktu lama dan mengemudi tidak seimbang dengan waktu istirahat yang cukup dapat meningkatkan tekanan darah pada kaki dan menyebabkan sirkulasi darah menjadi buruk. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk istirahat setelah 1-2 jam berkendara.

Sumber: