Menggugah Selera dengan Kelezatan Nasi Liwet Solo yang Terinspirasi dari Nasi Samin

Menggugah Selera dengan Kelezatan Nasi Liwet Solo yang Terinspirasi dari Nasi Samin

ilustrasi nasi liwet khas Solo--freepik

SILAMPARITV.CO.IDTerinspirasi dari nasi samin, kelezatan nasi liwet Solo tak kalah menggugah selera.

Tak sulit mencari tempat untuk memakan nasi liwet enak di Solo. Anda bisa mengunjungi beberapa daerah seperti pasar Manyari, Keprabon, Kerten, Solo Baru atau Kota Gede untuk memakan makanan ini.

Nasi Liwet merupakan salah satu kuliner khas Solo yang paling ikonik. Kuliner yang satu ini kerap menjadi menu makanan favorit untuk sarapan dan makan malam.

Topping yang paling umum adalah ayam dan telur. Namun beberapa tempat ada yang menawarkan lauk lain mulai dari kikil, krecek hingga sate jeroan.

BACA JUGA:Mudah dan Praktis! Ikuti Langkah Mudah Membuat Crepes Menggunakan Teflon di Rumah

Nasi liwet adalah nasi lezat yang dibuat dengan tambahan santan. Nasi liwet khas Solo ini berbeda dengan nasi liwet yang ada di Jawa Barat dan daerah lainnya.

Nasi liwet Solo disajikan dengan pelengkap sempurna yang terdiri dari labu siam, suwiran ayam opor, dan areh. Lauk pauk lainnya biasanya ditawarkan, seperti sayap ayam.

Khas Solo, Nasi Liwet bercirikan nasi berbumbu asin yang dicelupkan ke dalam kuah sayur labu siam. Nasi liwet biasanya disantap dengan beberapa lauk seperti ayam bakar atau telur rebus.

Uniknya, Nasi Liwet disajikan dengan menggunakan daun pisang yang dipres. Menambah aroma dan keunikan nasi liwet sehingga memberikan sensasi berbeda bagi penikmatnya.

BACA JUGA:Mengenal Lupis, Lezatnya Jajanan Tradisional yang Tak Boleh Dilewatkan

Nikmati Nasi Liwet khas Solo dengan lauk pauk yang pas di beberapa tempat. Sebagai lauknya disajikan ayam opor, krecek goreng sambal, dan aneka sate.

Nasi liwet juga menjadi salah satu menu yang biasa ditemui pada acara Maulid Nabi. Nasi liwet konon tercipta karena terinspirasi dari nasi samin yang konon merupakan salah satu masakan kesukaan Nabi.

Namun, pada waktu itu belum ditemukan oleh manusia. Sebaliknya, masyarakat juga memanfaatkan air kelapa untuk membuat nasi liwet. Keberadaan Nasi liwet kemudian berawal dari warga asal Desa Menuran Kabupaten Sukoharjo. Pada saat itu, mereka menjual nasi liwet seperti makanan yang ada pada umumnya.

Namun tak disangka peminat nasi ini semakin berkembang. Akhirnya nasi liwet menjadi salah satu menu andalan anak-anak solo.

Sumber: