Yuk Bestie, Simak Fakta Menarik Daun Kelor yang Jarang Diketahui!

Yuk Bestie, Simak Fakta Menarik Daun Kelor yang Jarang Diketahui!

--

SILAMPARITV.CO.IDHampir semua orang mengenal tumbuhan ini, yakni kelor atau yang dalam bahasa latin dikenal dengan nama Moringa Oleifera.

Tanaman tumbuhan jenis kelor ini merupakan jenis tanaman tropis yang sangat mudah dikenali dari ukuran daunnya yang cukup kecil.

Tak hanya itu, pohon kelor juga sangat mudah tumbuh pada tanah yang cukup subur, karena sejak zaman dahulu kelor sudah digunakan baik untuk pengobatan tradisional, jamu, maupun dalam ritual mistis.

Daun kelor memang banyak manfaat dan banyak mengandung zat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Keajaiban Buah Alpukat: Sejuta Manfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tak heran organisasi WHO menobatkan pohon kelor ini sebagai miracle tree, setelah menemukan manfaat penting daun kelor tersbut.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hampir setiap bagian dari tanaman kelor memiliki khasiat penting, yang banyak dimanfaatkan dalam beberapa cara. 

Apa saja kandungan kelor yang baik bagi tubuh? Yuk mari kita simak penjelasan berikut ini.

1.Mengandung nutrisi untuk Tubuh

BACA JUGA:Jangan Malas! Ini 3 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan Kulit

Tak hanya tumbuhan lainya yang mengandung vitamin, ternyata daun kelor memiliki vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh.

Sekitar 20 gram daun kelor lalu dipotong-potong hinga lebih halus, karena terkandung nutrisi Protein: 2 gram  Vitamin B6: 19% dari rekomendasi konsumsi harian  Vitamin C: 12% dari rekomendasi konsumsi harian  Zat besi: 11% dari rekomendasi konsumsi harian  Riboflavin (vitamin B2): 11% dari rekomendasi konsumsi harian  Vitamin A: 9% dari rekomendasi konsumsi harian  Magnesium: 8% dari rekomendasi konsumsi harian.

2. Mengandung banyak antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang bertindak melawan radikal bebas dalam tubuh. Kadar radikal bebas tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti contoh penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Beberapa senyawa antioksidan telah ditemukan dalam manfaat daun kelor, termasuk quercetin dan asam klorogenik.

Sumber: