Ini dia Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Bulat untuk Pemula

Ini dia Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Bulat untuk Pemula

Kolam Terpal Bulat--

BACA JUGA:Ini dia 6 Tips Budidaya Lobster Air Tawar, Pemula Wajib Tau!

Setelah menunggu, masukan benih ikan lele yang sudah siap ditebarkan. Setelah penebaran ikan lele, tambahkan kembali probiotik keesokan harinya sebanyak 5 ml. 4. 

Perawatan Ikan Lele Pastikan Anda selalu memperhatikan perkembangan ikan lele. Sebelum lele mencapai panjang 12 cm, masukkanlah probiotik sebanyak 5 ml, 2 butir ragi tape, air dolomite 200-300 gram, dan ragi tempe 1 sendok makan. 

Lakukan hal tersebut setiap 10 hari sekali. Jika lele sudah melebihi panjang 12 cm, maka masukkan kembali probiotik sebanyak 5 ml, ragi tape 6-8 butir, air dolomite 200-300 gram, dan ragi tempe 3 sendok makan. Sebelum Anda memasukannya, larutkanlah terlebih dahulu ke dalam air. 

BACA JUGA:Kecantikan dan Manfaat dari Tanaman Rosela, Simak Cara Menanam dan Merawatnya Dibawah Ini

5. Pemberian Pakan 

Usahakan untuk selalu rutin memberi pakan ikan lele. 

Karena, ikan lele memiliki sifat kanibal. Jika mereka kelaparan, mereka akan memangsa kawannya sendiri. Maka dari itu, pilihlah jenis pakan berkualitas dan sesuai porsi berat lele itu sendiri. 

Pakan lele harus dicampur dengan biotik. Jangan lupa juga untuk mengurangi dosis pakan jika sudah terbentuk gumpalan/flok. 

BACA JUGA:Hobi Pelihara Ikan Hias? Ini dia 5 Jenis Ikan Molly Unik dan Menarik

6. Masa Panen 

Tibalah kita memasuki masa yang paling dinantikan, yaitu masa panen. 

Ikan lele memiliki masa panen 2,5 – 3,5 bulan. Agar mudah memanen lele, kurangi terlebih dahulu air di dalam kolam. 

Jangan lupa menggunakan sarung tangan agar tidak terluka. Keuntungan dan Kelebihan Budidaya Ikan Lele Bioflok Hemat Air dan Pengurangan Biaya Sistem bioflok memungkinkan peternak untuk menghemat air hingga 90% karena tidak memerlukan penggantian air secara teratur seperti pada sistem budidaya konvensional.*

BACA JUGA:Yang Hobi Jalan-jalan, Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Sumbar Terbaru Lagi Viral, Wajib Dikunjungi

Sumber: