Ini dia Beragam Upacara Adat yang Berada di Indonesia, Apakah Kalian Sudah Tahu? Cek di Sini!

Ini dia Beragam Upacara Adat yang Berada di Indonesia, Apakah Kalian Sudah Tahu? Cek di Sini!

Beragam Upacara Adat yang Berada di Indonesia--

SILAMPARITV.CO.ID - Upacara adat dikenal sebagai salah satu peninggalan nenek moyang dari masing-masing daerah yang telah dilestarikan secara turun-temurun. 

Meskipun perkembangan pada zaman saat ini semakin maju dan canggih, akan tetapi upacara adat tak dilupakan oleh sebagian masyarakat, khususnya masyarakat yang masih kental akan adat

Hal itu karena upacara adat dirasa mempunyai nilai filosofis dan kekuatan tersendiri oleh sebagian masyarakat setempat.

Sedangkan, tradisi upacara adat di Indonesia banyak dilakukan oleh masyarakat berbagai daerah yang mana di setiap daerah tentu mempunyai upacara adatnya masing-masing. 

BACA JUGA:3 Tradisi Unik di Jawa Timur untuk Meminta Hujan Saat di Musim Kemarau

Berikut dijelaskan secara ringkas mengenai upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat diberbagai daerah di Indonesia :

1. Upacara Adat di Aceh

Upacara adat di Aceh, yakni Peusijuk. Peusijuk dikenal sebagai tradisi turun-temurun yang dilakukan oleh masyarakat Aceh sebagai perwujudan syukur atas anugerah yang diberikan oleh Allah. Umumnya, upacara adat Peusijuk diselenggarakan saat acara kelahiran, naik haji, pernikahan, dan sebagainya

Berbagai ilmu pengetahuan lainnya terkait masyarakat Aceh yang secara detail dan rinci digambarkan pada buku orang Aceh yang ada dibawah ini.

BACA JUGA:Mengenal 8 Macam Ragam Budaya Indonesia, Berikut Ini Penjelasannya!

2. Upacara Adat di Sumatera

Upacara adat di Sumatera Utara adalah tradisi Mangokkal Holi. Tradisi ini dikenal sebagai ritual untuk mengambil tulang belulang leluhur masyarakat dari dalam pemakaman, kemudian disimpan dalam peti dan diletakkan di salah satu bangunan tugu yang memang disediakan secara khusus.

Sementara upacara adat di Sumatera Barat adalah Perayaan Tabuik. Perayaan ini dilaksanakan oleh masyarakat Pariaman (Sumatera Barat) guna memberikan peringatan meninggalkan cucu Nabi Muhammad, yakni Hasan dan Husein.

Selanjutnya, upacara adat di Sumatera Selatan adalah Sedekah Rame. Upacara ini dilaksanakan oleh suku Lahat dan diselenggarakan oleh para petani setempat yang berkaitan dengan kegiatan pertanian pula.

Sumber: