Liburan ke Sumut Jangan Lupa Mampir, Ini dia Rekomendasi 5 Makanan Khas Medan

Liburan ke Sumut Jangan Lupa Mampir, Ini dia Rekomendasi 5 Makanan Khas Medan

ilustrasi kwetiau khas medan--freepik

BACA JUGA:Suka Ngemil? Ini dia Rekomendasi 3 Cemilan Coklat Lumer yang Bisa Membuat Kamu Ketagihan!

3. Semur Khas Medan

Menghadirkan Semur Medan ke meja makan di rumah Anda adalah ide bagus akhir pekan ini. Pastikan keluarga tercinta kalian menikmati semur daging sapi spesial ini. Yang lebih menarik lagi adalah cara membuatnya juga sangat mudah.

Pertama siapkan daging sapi dan goreng sebentar. Selanjutnya, tumis bawang merah dan tambahkan parutan tomat. Kemudian masukkan daging, cengkeh dan kayu manis. Bumbui sisanya dengan kecap manis Bango, garam dan merica. Tambahkan santan sedikit demi sedikit, masak hingga daging terlumuri saus seluruhnya dan matang.

4. Kari Bihun

Kata orang, jalan-jalan ke Medan belum lengkap tanpa menikmati Kari Bihun. Inilah makanan khas Medan yang bisa dibilang terdiri dari banyak sekali bahan yang membuat rasanya begitu kaya rasa. Lalu apa yang membuat Bihun Kari ini begitu menarik?

BACA JUGA:Dodol Betawi, Hidangan Khas Jakarta yang Unik dan Manis, Bisa untuk Oleh-oleh

Selain penggunaan bihun dan ayam, ada berbagai macam bumbu yang membuat kuah masakan ini begitu nikmat. Bahan yang digunakan seperti bunga lawang, kapulaga, kayu manis dan cengkeh.

Semua itu dipadukan dengan bumbu halus yang digoreng dan daun aromatik. Kuah ini kemudian dipadukan dengan santan hingga membuat semuanya sempurna.

5. Mi Gomak

Bagi orang Batak yang tinggal di Medan, masakan mie gomak adalah sesuatu yang mereka cari di lapa atau kedai sarapan yang menyajikan masakan khas Batak.

BACA JUGA:Inilah 5 Makanan Nasional Indonesia yang Wajib Kamu Coba!

Mie disajikan dengan kuah pedas, atau tanpa santan biasanya disajikan dengan telur rebus. Bumbu yang biasa ditambahkan pada kuahnya adalah andaliman atau kecombrang atau bahkan keduanya.

Menyenangkan bukan menjelajahi Medan? Ada banyak makanan di Indonesia yang berbeda dengan negara lain. Untuk makan siang, makan malam atau berbuka puasa, serta sarapan dan sahur, kota ini punya semuanya.

Sumber: