6 Jurusan Kuliah Ini Cocok Bagi Kamu yang Mempunyai Hobi Olahraga

6 Jurusan Kuliah Ini Cocok Bagi Kamu yang Mempunyai Hobi Olahraga

ilustrasi jurusan olahraga --freepik

SILAMPARITV.CO.IDSiswa yang mempunyai hobi dan berbakat di bidang ini dapat memilih cabang olahraga. Beberapa perguruan tinggi bersinggungan dengan olahraga. 

Peluang kerja bagi lulusan olahraga tidak hanya sebatas menjadi atlet. Selain spesialisasi yang berkaitan langsung dengan olahraga, terdapat beberapa spesialisasi yang menunjang kegiatan olahraga

Ada beberapa jurusan olahraga yang bisa dijadikan bahan perbandingan untuk tahun ajaran berikutnya 2024 - 2025 dalam memilih jurusan bagi mahasiswa baru.

Berikut Ini adalah 6 jurusan kuliah yang hoby berolahraga:

BACA JUGA:Mengapa Siswa Banyak Alami Kekerasan dalam Kalangan Pelajar? Ini Penjelasannya!

1. Jurusan Kepelatihan Penidikan Olahraga

Satuan pendidikan jasmani yang dijadikan acuan dinding adalah sarana pendidikan, pelatihan, dan olah raga. Mendaftar pada profesi ini berarti jelas tujuan Anda, yaitu menjadi guru atau pelatih profesional di tingkat nasional. 

Anda juga akan mempelajari konsep pelatihan, mengembangkan strategi pelatihan, mengatur kontes atau kompetisi dan memahami aturan kompetisi olahraga. Salah satu profesi yang bisa dipraktikkan ketika memilih profesi ini adalah guru olahraga.

Prospek kerja sangat luas, karena guru pendidikan jasmani dibutuhkan di semua jenjang pendidikan, mulai dari SD hingga SMA, baik negeri maupun swasta.

2. Ilmu Keolahragaan

BACA JUGA:Pulau Pasumpahan Bikin Hari-harimu Menyenangkan, Terdapat Kawasan Ekosistem Terumbu Karang

Selain jurusan pelatihan olahraga, Anda juga dapat memilih jurusan ilmu olahraga. Ilmu keolahragaan merupakan kajian ilmiah yang mengkaji aspek teoritis dan praktis dari olahraga dan aktivitas jasmani, termasuk aspek fisiologis, biomekanik, psikologis, sosial dan administratif dari olahraga dan aktivitas jasmani. 

Jurusan ini melatih siswa untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi seorang profesional olahraga, seperti melatih atlet, mengelola acara olahraga atau menjadi penasihat kesehatan fisik. Gelar Sarjana Ilmu Olah Raga adalah (S.Or.).

Profesi ini memiliki peluang kerja yang cukup beragam. Mulai dari guru, konsultan olahraga, pakar pengukuran dan evaluasi olahraga, pakar riset olahraga, pelatih pribadi, pelaku olah raga, atlet, pakar kedokteran olahraga, jurnalis olahraga, dan lain-lain.

Sumber: