Wajib Coba! Rekomendasi 8 Kuliner Khas Rembang Jawa Tengah yang Enak

Wajib Coba! Rekomendasi 8 Kuliner Khas Rembang Jawa Tengah yang Enak

ilustrasi sate serepeh--freepik

SILAMPARITV.CO.IDRembang merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur. Selain itu, Kabupaten Rembang menawarkan beragam makanan daerah yang patut untuk dicoba.

Yuk cari tahu apa saja kuliner khas Rembang Jawa Tengah, yang wajib kamu coba? Di bawah ini adalah 8 daftar menu yang dapat anda coba.

1. Sate Serepeh

Sate merupakan makanan khas Indonesia karena memiliki rasa dan cara penyajian yang berbeda-beda di setiap kota. Di kota Rembang sendiri masakan itu disebut sate serepeh.

 BACA JUGA:Wajib Coba! Rekomendasi 6 Laksa Tangerang yang Dijamin Enak

Masakan khas Rembang adalah sate ayam yang disajikan dengan kuah santan kental. Hidangan ini memiliki rasa yang nikmat dan bisa disajikan dengan nasi putih panas.

2. Kelo Mrico

Buat kamu yang suka pedas, kelo mrico wajib dicoba. Masakan khas Rembang ini menggunakan mrico atau merica sebagai bahan utamanya, sehingga keistimewaan masakan Rembang ini adalah sambalnya yang pedas.

Masakan ini menggunakan ikan laut seperti tuna, kakap, tongkol dan lain-lain sesuai selera. Olahan makanan dengan kuah yang nikmat, lezat, kuat dan pedas serta ikan laut membuat kelo mrico cocok disantap bersama teman-teman saat sedang lapar.

 BACA JUGA:Saat Berkunjung Ke Laos, Inilah 8 Makanan yang Wajib Untuk Kamu Coba!

3. Lontong Tuyuhan

Lontong tuyuhan merupakan salah satu olahan makanan berat yang memiliki kualitas sedikit pedas karena bumbu utama yang digunakan. Bumbu-bumbu tersebut antara lain kemiri, jintan, dan bawang bombay.

Masakan khas Rembang ini sekilas mirip dengan gulai, namun lontong tuyuhan mempunyai kualitas yang berbeda. Selain sausnya yang pedas khas, masakan ini juga menggunakan ayam sebagai lauknya.

4. Lontong Sambel

Meski bentuknya tidak eksotik, lontong tetap menjadi pilihan tepat sebagai pengganti nasi. Seperti Lontong Sambel yang juga merupakan salah satu masakan tradisional Rembang, bahan utamanya berasal dari lontong yang dipotong sesuai selera.

 BACA JUGA:Mienya Pedas Gurih, Mengenal Makanan Khas Aceh

Bahan sambalnya adalah kacang tanah yang dihaluskan atau diulek. Tambahkan kecambah, kubis dan paprika serta beberapa bawang goreng untuk menambah rasa lezat pada hidangan.

5. Soto Rembong

Buat kamu yang bosan dengan soto daging Madura dan soto ayam Lamongan, yuk berburu soto khas Rembang. Hidangan ini bercirikan kuah dengan rasa asin yang kuat.

Sedangkan topping untuk kuahnya adalah daging ayam atau daging sapi. Sajikan dengan sayur, kecambah dan sedikit bawang goreng, kedua bahan ini secara tidak langsung menambah cita rasa.

 BACA JUGA: Serupa Tapi Tidak Sama, Inilah Perbedaan Kouigh Amann dan Cromboloni

6. Urap Latoh

Urap merupakan kelapa yang sudah diparut dan diolah dengan bumbu dasar, dengan tambahan cabai merah, cabai rawit merah, terasi dan gula merah. Sebagai pendampingnya, masakan ini sering disajikan dengan daun jeruk dan kencur.

7. Dumbeg Rembang

Meski sudah berusia puluhan tahun, Dumbeg Rembang tetap mempertahankan cita rasa dan kenikmatannya di tengah maraknya variasi pangan saat ini. Kuliner ini memiliki tekstur lembut dan kenyal serta rasa manis yang akan membuat kamu tersenyum.

 BACA JUGA:Dimasak Menggunakan Cacing, Inilah 5 Makanan Populer yang Ada di Manca Negara

8. Sayur Mangut

Sayur mangut, salah satu masakan khas Rembang, adalah bumbu lezat dengan bahan utama Ikan Pari yang Diasapi. Cocok disantap untuk makan siang karena memiliki rasa pedas yang membuat lapar.

Sumber: