Wajib Coba! Inilah 9 Masakan Khas Suku Baduy dari Manis Sampai yang Asin

Wajib Coba! Inilah 9 Masakan Khas Suku Baduy dari Manis Sampai yang Asin

ilustrasi kue balok, makanan khas suku baduy--freepik

SILAMPARITV.CO.IDMasakan khas Baduy yang lezat dan menonjolkan keunikan budayanya. Selain itu, ternyata makanan khas Baduy juga unik dan masih banyak orang yang menggunakan cara memasak tradisional lho! Apakah kamu penasaran? Baca artikel ini sampai habis ya!

Suku Baduy merupakan sekelompok masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan Banten dan memiliki kekayaan warisan budaya, termasuk warisan kuliner. Makanan khas Baduy tidak hanya mencerminkan kekayaan alam, namun juga kearifan lokal yang diwariskan secara turun temurun.

Apa saja kuliner khas Baduy yang menarik untuk dicoba? Berikut ini adalah 9 Makanan Khas Baduy, Yuk Simak!

1. Kue Balok Menes

BACA JUGA:Wajib Coba! Rekomendasi 8 Kuliner Khas Rembang Jawa Tengah yang Enak

Kue balok menese merupakan masakan khas Baduy yang terbuat dari singkong yang direbus lalu ditumbuk sampai halus. Gula aren dan sejumput kelapa parut ditambahkan untuk menambah cita rasa manis pada kue ini.

Mengutip Kantor Penghubung Daerah Provinsi Banten, balok menes yang punya cita rasa manis dan asin sama seperti yang biasa Anda lihat di pasar hampir sama dengan getuk.

2. Jojorong

Masakan ini sangat terkenal di daerah Banten, meski masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa jojorong berasal dari Baduy. Kue ini terbuat dari tepung beras, tepung kanji, dan gula merah sehingga memberikan rasa manis.

BACA JUGA:Wajib Coba! Rekomendasi 6 Laksa Tangerang yang Dijamin Enak

Loyang atau mangkok kue ini terbuat dari daun pisang yang berbentuk menjadi persegi. Untuk memperkuatnya, kedua ujungnya disambung dengan tusuk gigi.

3. Otak-Otak Labuan

Otak-otak Labuan merupakan hidangan olahan ikan yang dibungkus dengan daun pisang. Hidangan tradisional ini merupakan hidangan masakan khas pesisir yang terkenal di kalangan nelayan.

Bahan utama masakan ini adalah ikan tenggiri dengan campuran tepung tapioka. Rasa pedasnya berasal dari rempah-rempah seperti bawang bombay, kaldu dan cabai.

Sumber: