Mengenal Sejarah, Fungsi, dan Makna Tari Merak

Mengenal Sejarah, Fungsi, dan Makna Tari Merak

ilustrasi tarian merak--FB @Semangat sastra terpadu

SILAMPARITV.CO.IDTari Merak merupakan salah satu tarian tradisional Jawa Barat yang sangat terkenal dan mempunyai nilai seni yang tinggi. Tarian rakyat jenis ini dianggap sebagai warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan.

Tarian ini merupakan jenis Tarian kreasi baru yang terinspirasi dari kehidupan burung merak. Hal ini juga terlihat pada beberapa gerak tari para penari yang meniru tingkah laku burung merak.

Tarian Merak diperkenalkan ke dunia seni yang lebih luas oleh seorang seniman Sunda bernama Reade Tjetjep Soemantri. Tari merak juga termasuk dalam tari modern atau kontemporer, dimana setiap gerakan dalam tarian ini diciptakan secara bebas dan orisinalitas. 

Tari Merak ini sendiri bukanlah sebuah tarian tradisional atau klasik, namun karena keindahannya, tarian ini dapat menjadi kebanggaan salah satu masyarakat Indonesia khususnya Jawa Barat.

BACA JUGA:Sigajang Laleng Lipa,Tradisi Saling Tusuk Atau Baku Tikam di Suku Bugis-Makasar

Dengan berupaya melestarikan dan mempromosikan tarian merak, kita dapat memastikan bahwa tarian tersebut dilestarikan dan dinikmati oleh generasi mendatang. Tarian Merak merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang patut untuk kita banggakan.

Sejarah Singkat Tari Merak

Tari Merak berasal dari Jawa Barat khususnya daerah Pasundan. Tarian ini pertama kali diperkenalkan oleh Raden Tjetjep Soemantri pada tahun 1950an. Tarian ini terinspirasi dari burung merak yang dianggap sebagai simbol keindahan dan keanggunan.

Pada mulanya tari merak hanya ditampilkan pada acara-acara tertentu, namun seiring berjalannya waktu, tarian tersebut menjadi populer dan sering ditampilkan dalam berbagai kesempatan.

BACA JUGA:Mengenal Suku Dani: Asal Usul, Kepercayaan hingga Tradisi Potong Jari

Fungsi Tari Merak

Salah satu tugas pokok Tari Merak adalah melestarikan kebudayaan Jawa Barat. Tarian ini merupakan simbol penting warisan budaya daerah.

Tarian merak sering dipentaskan di berbagai acara seperti pernikahan, pesta dan festival. Tarian ini memberikan hiburan yang luar biasa bagi penontonnya.

Bagi para penari, Tari Merak merupakan wadah untuk mengekspresikan diri dan mengasah kemampuan seni. Ia belajar menguasai gerakan-gerakan kompleks dan mengembangkan tarian tradisional.

Sumber: