Ini dia 5 Festival Budaya di Indonesia yang Tidak Boleh Dilewatkan

Ini dia 5 Festival Budaya di Indonesia yang Tidak Boleh Dilewatkan

ilustrasi festival budaya di Indonesia--freepik

SILAMPARITV.CO.IDFestival Kebudayaan Indonesia - Bhinneka Tunggal Ika - Inilah Indonesia. Indonesia memiliki tradisi dan budaya yang berbeda dan mengenalnya bisa jadi agak sulit.

Oleh karena itu, festival budaya bisa menjadi pembelajaran yang cocok. Sebuah jendela dimana kita bisa melihat sekilas kekayaan tradisi Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Indonesia mempunyai banyak festival budaya yang sering dijadikan acara tahunan. Apakah Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang budaya Indonesia? Kenali tradisi dan budaya Indonesia dengan mengunjungi berbagai festival budaya Indonesia berikut ini:

1. Festivalo Erau Kertanegara Tenggarongis.

BACA JUGA:Mengenal Sejarah, Fungsi, dan Makna Tari Merak

Simak sejarah dan budaya Kerajaan Kutai Kalimantan Timur yang tersaji di Festival Erau Kartanegara. Bertujuan untuk melestarikan warisan budaya Kesultanan Kutai, festival budaya Indonesia ini diadakan setiap tahun pada pertengahan tahun (Juni-Juli) di Tenggarong. 

Festival Erau Kertanegara menawarkan berbagai atraksi dan aktivitas. Pada musim tanam dan panen, kamu  bisa menyaksikan beberapa upacara adat Dayak seperti nyagahatan. Selain itu, terdapat pula tarian khas Kutai seperti tari Jepen dan tari Ganjur, serta permainan ketangkasan tradisional seperti pemintal( gasing putar).

2. Baliemi oru Festival Raja Ampat 

Raja Ampat tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan tetapi juga budayanya yang sangat kaya. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang kekayaan tradisi dan adat istiadat Raja Amati, cobalah mengunjungi Festival Lembah Baliem.

BACA JUGA:Kuliah Lancar,Tapi Bisa Dapat Cuan? Ini dia 6 Pekerjaan yang Cocok untuk Mahasiswa

Dalam festival budaya Indonesia ini, kamu  bisa melihat langsung tradisi peperangan antara suku Dan, Lan, dan Yali, serta ritual, musik, dan tarian yang menghangatkan sebelum memasuki medan pertempuran. 

Dari kemegahan kostum dan keunikan budayanya, itulah yang paling menarik dari festival budaya Indonesia ini. Festival Lembah Baliem diadakan selama tiga hari pada bulan Agustus setiap tahunnya dan jadwalnya dapat Anda cek di website resmi Festival Lembah Baliem.

3. Festival Lompat Batu di Nias.

Festival budaya lain di Indonesia yang terinspirasi dari budaya militer adalah Festival Lompat Batu di Nias. Kawasan di Sumatera Utara ini punya tradisi yang bikin takjub sekaligus menggairahkan: melompati batu setinggi 2,1 meter dan tebal 40 cm! Menurut sejarah, setiap suku membangun benteng pertahanan yang tinggi untuk menghindari serangan musuh dan suku Nias punya solusinya dengan belajar melompati batu (fahombo) untuk menaklukkan lawannya. 

Sumber: