Kenali 3 Jenis Kanker Paling Umum di Dunia

Kenali 3 Jenis Kanker Paling Umum di Dunia

telestekop dan pita biru. ilustrasi kenali jenis kanker secara umum--freepik

SILAMPARITV.CO.IDKanker masih menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Pada Hari Kanker Sedunia ini, masyarakat diingatkan untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari risiko penyakit kanker.

Setidaknya ada beberapa jenis kanker yang paling umum terjadi di dunia. Sekitar dua pertiga kasus baru dan kematian di seluruh dunia disebabkan oleh 10 jenis kanker, menurut data tahun 2022 dari Badan Internasional untuk Penelitian kanker (IARC).

Merujuk laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kanker paru-paru, payudara, dan usus besar merupakan tiga jenis kanker yang paling umum terjadi di dunia.

1. Kanker paru-paru 

BACA JUGA:Tips Awet Muda Hanya dengan Konsumsi Rutin Buah Satu Ini

Kanker paru-paru merupakan jenis kanker yang paling banyak ditemui. Pada tahun 2022, setidaknya akan terdapat 2,5 juta kasus baru atau 12,4 persen dari seluruh kasus kanker baru.

Kanker paru-paru juga merupakan penyebab utama kematian akibat kanker. Sekitar 18,7 persen (1,8 juta) kematian akibat kanker disebabkan oleh kanker paru-paru.

Mengutip artikel Mayo Clinic, perokok aktif umumnya memiliki risiko tinggi terkena kanker paru-paru. Risikonya meningkat seiring dengan lamanya dan jumlah rokok yang dihisap.

Sayangnya, kanker paru-paru tidak menimbulkan gejala pada tahap awal. Ketika penyakit ini berkembang, gejala-gejala baru muncul. Berikut beberapa gejala kanker paru-paru yang harus diwaspadai:

BACA JUGA:7 Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Agar Nafas Tetap Segar

- batuk tak kunjung reda,

- batuk darah,

- sesak napas,

- nyeri dada,

Sumber: