Saat Berkunjung Ke Sumatera Utara, 5 Kuliner Ini yang Wajib untuk Kamu Cobain!

Saat Berkunjung Ke Sumatera Utara, 5 Kuliner Ini yang Wajib untuk Kamu Cobain!

ilustrasi ikan kuah kuning, makanan khas sumatera utara--freepik

SILAMPARITV.CO.IDWilayah Sumatera Utara memang terkenal dengan keindahan alamnya yang mampu menarik ribuan wisatawan. 

Namun kawasan ini tidak hanya diberkahi dengan pesona alamnya saja, namun juga memiliki berbagai makanan khas dengan cita rasa unik yang pastinya akan membuat Anda ketagihan. 

Apakah kamu penasaran? Yuk simak lima kuliner khas Sumatera Utara yang wajib Anda coba saat berkunjung ke sana.

1. Dekke Na Niura, sashiminya orang batak

BACA JUGA:Mengolah Durian Menjadi Jajanan Dodol yang Lezat

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Dekke Na Niura berarti ikan yang dikeringkan tanpa api, namun enak dan lezat untuk disantap. Ikan ini dimasak dengan cara memfermentasi bumbu utama yaitu asam batak atau biasa disebut Utte Sira. Ikan yang paling umum digunakan adalah ikan mas dan nila.

Rasa masakan ini seperti ikan segar yang dibumbui, namun tidak berbau amis. Penikmat masakan ini memiliki rasa yang pahit karena bumbu khas Batak yaitu andaliman. Perpaduan rasa pahit dan pedas pada masakan ini pasti bikin ketagihan!

2. Jajajan Lappet Tradisional Khas Batak

Lapet, jajanan manis yang biasa disajikan dengan dibungkus daun pisang, merupakan masakan khas Sumatera Utara yang disajikan dalam bentuk bulat atau segitiga. Jajanan ini biasanya terbuat dari tepung ketan atau nasi putih dengan bagian tengah gula merah atau kelapa yang meleleh saat disantap. 

BACA JUGA:Siapa Sangka, 5 Makanan Indonesia Ini Menjadi Makanan Favorit Idol K-pop

Jika leppet menggunakan ketan, masakan ini akan terasa lengket dan nikmat saat disantap. Makanan ini sangat mudah ditemukan di daerah Balige dan Tarutung. Tertarik untuk mencicipinya?

3. Keju Khas Batak

Dali Ni Horbo, susu kerbau alami yang diolah untuk membuat masakan ini, bentuknya seperti tahu tapi rasanya seperti keju. Oleh karena itu olahan ini sering disebut keju khas Batak. Susu kerbau ini berasal dari induk kerbau yang sedang menyusui. 

Susu perasnya kemudian disajikan dengan gaya khas Batak. Susu direbus dari beberapa bahan dan disajikan sebagai bubur. Susu segar terlebih dahulu dicampur dengan ekstrak nanas lalu direbus hingga mengental. Dali kental ini bisa langsung disantap. 

Sumber: