Wajib Coba! Rekomendasi 5 Kuliner Khas Situbondo, Saat Sedang Berkunjung Kesana

Wajib Coba! Rekomendasi 5 Kuliner Khas Situbondo, Saat Sedang Berkunjung Kesana

ilustrasi nasi karak khas situbondo--freepik

SILAMPARITV.CO.IDTerletak di kawasan Tapal Kuda Jawa Timur, Kabupaten Situbondo selain menawarkan daya tarik wisata yang beragam, juga menarik perhatian dengan kuliner khasnya yang mampu membuat perut anda menjadi keroncongan.

Jika Anda tinggal di kawasan Bumi Shalawat Nariyah, pastikan mencoba 5 rekomendasi kuliner Situbondo berikut ini!

1. Tajin Palappa

Tajin Palappa adalah bubur yang diberi saus kacang. Saus kacang terdiri dari kacang tanah, selada dan rempah-rempah. Sedangkan isiannya adalah kacang rebus, kangkung, tahu dan ote-ote.

BACA JUGA:Saat Berkunjung Ke Sumatera Utara, 5 Kuliner Ini yang Wajib untuk Kamu Cobain!

Kuliner paling terkenal ini mempunyai rasa asin, asin, manis dengan aroma sambal kacang yang kuat dan semakin nikmat jika dipadukan dengan kerupuk. Kuliner ini biasanya disantap sebagai menu sarapan pagi.

2. Nasi Karak

Nasi karak terbuat dari beras yang dicampur dengan kelapa parut dan garam. Menu pendampingnya adalah berupa tuna, tahu, dan tempe yang dimasak dengan kuah merah. Menu sederhana ini sangat enak dan banyak sekali penggemarnya.

3. Nasi Sodu

BACA JUGA:Mengenal Dadih, Yogurt Tradisional yang Terbuat dari Susu Kerbau Difermentasi

Nasi sodu merupakan kuliner khas daerah Asembagus. Menu sarapan ini antara lain adalah labu kuning, tuna, kacang-kacangan, sambal, dan ketimun matang yang ditaburi santan. Nasi sodu biasanya disajikan dengan daun pisang.

4. Lontong Ceker

Pecinta Ceker Ayam? Anda harus mencoba menu ini! Hidangan kuliner ini terdiri dari sambal kacang tumbuk dan terasi. Irisan longong dan bihun disajikan di atas piring. Kemudian kecap berisi ceker dituangkan di atasnya dan di atasnya diberi saus kacang yang enak dan taoge goreng. Meski sederhana, namun rasanya sangat lezat dan cukup unik.

5. Nasi Kaldu

Sumber: