Sebelum membeli Smartphone, Pahami Perbedaan iOS dan Android 8

Sebelum membeli Smartphone, Pahami Perbedaan iOS dan Android 8

ilustrasi iOS Apple--freepik

BACA JUGA:Ingin Punya Iphone Tapi Nggak Bisa Kebeli? Ini dia Rekomendasi HP dengan Desain yang Hampir Sama dengan Iphone

6. Kapasitas penyimpanan 

iPhone memiliki kapasitas penyimpanan yang sudah ditetapkan sejak awal. Dari memori 8 GB, 16 GB hingga kini memori 256 GB tersedia di iPhone. Bagi yang suka bermain game atau mengambil foto dan video, sebaiknya pilih iPhone dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Pasalnya iPhone tidak menyediakan penyimpanan eksternal untuk perangkatnya.

Berbeda dengan Android. Meski biasanya smartphone Android menawarkan kapasitas penyimpanan yang sama, Anda tetap bisa menambah kapasitas penyimpanan tersebut dengan menambahkan kartu memori eksternal.

7. Ketersediaan suku cadang 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Smartphone Terbaik di Tahun 2024

Pengguna Android bisa berbangga dengan hal ini. Masalahnya banyak pengguna iPhone yang mengeluhkan harga suku cadang pengganti iPhone yang mahal dan sulit ditemukan.

Contoh paling sederhana adalah iPhone membuat charger khusus hanya untuk produk Apple.

Android memiliki suku cadang yang relatif lebih murah dan mudah ditemukan. Selain itu, pengguna Android tidak perlu khawatir jika kabel charger bawaannya rusak.

Pasalnya, pengguna Android bisa menggunakan kabel charger untuk smartphone Android yang berbeda-beda karena bersifat universal.

BACA JUGA:Rekomendasi HP Android Kamera Seperti I-Phone, Harga di Bawah 2 Juta

Anda telah membaca tentang beberapa keterbatasan sistem operasi iOS. Nah sekarang saatnya membahas kelebihan yang ditawarkan iOS dibandingkan Android.

8. Dibanderol 

Mungkin sudah bukan rahasia lagi jika produk Apple memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan produk Android. Misalnya iPhone 14 Pro Max ROM 512 GB yang dibanderol Rp 20 jutaan saat diluncurkan, sedangkan ROM 1 TB dibanderol Rp 24,2 jutaan.

Selain harga belinya, harga jual iPhone mungkin bisa dikatakan mahal di pasaran. Kebanyakan produk Apple seperti iPhone biasanya dijual dengan harga bekas yang tidak terlalu jauh dari harga belinya. Ini berbeda dengan Android yang sebagian besar harga diskonnya turun.

Sumber: